fbpx
Starlink, sistem konstelasi satelit yang dioperasikan oleh SpaceX milik Elon Musk, mencakup setidaknya 2.400 relay satelit di orbit rendah Bumi, yang digunakan juga oleh militer AS.
Negara-negara yang berada di wilayah Cincin Api: Indonesia, Filipina, Jepang, Papua Nugini,...
Pergerakan lempeng tektonik melepas energi luar biasa besarnya yang memicu gempa di kawasan...
Makin banyak orang tidak ingin tinggal di bangunan beton. Melainkan rindu untuk bermukim di...
Mantan anggota pasukan khusus Afghanistan yang melarikan diri ke Iran setelah Taliban mengambil...
Catatan Wartawan Australia: Akhirnya Mahasiswa Indonesia Terbangun, Tapi Apakah Akan Menang?

Catatan Wartawan Australia: Akhirnya Mahasiswa Indonesia Terbangun, Tapi Apakah Akan Menang?

 
Dua tahun lalu itu, saat ketika para mahasiswa dan aktivis menentang revisi UU KPK dan hasilnya untuk "sementara waktu" nampaknya perjuangan mereka "kandas" - setelah itu para mahasiswa dan aktivis terbangun bergerak lagi menentang UU Omnibus Law Ciptaker serta gelagat "terbunuhnya demokrasi" tapi kandas lagi - berikut ini cuplikan catatan dua tahun lalu David Lipson yang kini kepala biro ABC News di Washington, AS:
 

Untuk mempertahankan dukungan polisi dan tentara, Presiden Jokowi harus membuat beberapa kebijakan.

Menjelang hari pemungutan suara, Jokowi menjanjikan bahwa pejabat militer akan bisa menduduki jabatan sipil, hal yang berarti menghapus reformasi sebelumnya yang melarang TNI berkecimpung di dunia sipil.

Dan baru-baru ini, mendukung seorang jenderal polisi yang menghadapi tuduhan melakukan pelanggaran etika menduduki jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam waktu bersamaan, Presiden juga mendukung perubahan UU mengenai KPK, hal yang jelas-jelas menurunkan kemampuan lembaga tersebut untuk menyelidiki kasus korupsi.

Dalam masa-masa akhir persidangan DPR juga berusaha untuk meloloskan RUU KUHP yang kontroversial, dimana mengeritik/menghina Presiden adalah tindakan kriminal.

Yang lebih menyedihkan bahwa ini terjadi beberapa hari setelah meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie, tokoh yang memimpin Indonesia keluar dari jaman kediktatoran dan membuka era demokrasi.

Dan akhirnya, mahasiswa terbangun. Puluhan ribu di antara mereka turun ke jalan. Para mahasiswa seakan menjadi pemenang, tapi semua belum tentu begitu.

Namun saya melihat bahwa aset terbesar Indonesia adalah warganya: rakyat kecil, para pekerja dan tentu saja mahasiswa, yang ketika keadaan kritis akan berdiri berjuang untuk menyelamatkan negara mereka.

 

David Lipson

David Lipson is the Washington bureau chief for ABC Australia. He used to be the Indonesia correspondent and has previously worked as political correspondent for Lateline. Follow him on Twitter @davidlipson

 

 
 
ABC News, Zamane

Please publish modules in offcanvas position.