fbpx
Surya Darmadi alias Apeng mendarat di Bandara Soekarno Hatta (15/08) menggunakan penerbangan China Airlines. Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) menjemputnya dan langsung membawanya untuk diperiksa di kantor Kejagung.
Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, baru saja lulus uji terakhirnya...
Di tahun 1945, ketika Republik Indonesia baru dirancang, perdebatan soal Hak Azasi Manusia sudah...
Tanpa upaya diplomasi dan tekanan internasional, Belanda masih akan lama bercokol di Indonesia...
Setelah Raja Solomon (Nabi Sulaiman) wafat, negara Israel pecah menjadi dua bagian. Bagian Selatan...
Emas Berasal dari Angkasa Luar, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Emas

Emas Berasal dari Angkasa Luar? Ini 7 Fakta Menarik Tentang Emas



Selain perhiasan juga untuk pengobatan


Salah satu metode pengobatan rheumatoid arthritis adalah dengan menyuntikkan garam berbasis emas langsung ke sendi. Partikel nano emas juga digunakan untuk mendiagnosa kanker prostat, HIV dan tes malaria. Selain itu, isotop radioaktif emas dimanfaatkan sebagai radioterapi untuk beberapa jenis kanker. Ribuan tahun lalu bahkan sudah ada gigi palsu emas.

Berasal dari angkasa luar

Emas di Bumi dan banyak logam mulia lain diduga kuat berasal dari hujan meteor yang jatuh ke planet kita 4 miliar tahun yang lalu. Salah satu penelitian tentang ini dilakukan oleh tim dari Universitas Bristol, Inggris. Setelah hujan meteor itu terjadi, kerak bumi mengeras sehingga serpihan logam yang terkandung di dalam meteorit saat menghujam bumi menyangkut di lapisan-lapisan tanah.

Bisa dimakan

Emas murni tak menimbulkan reaksi beracun ketika masuk ke dalam tubuh. Logam mulia tidak mengoksidasi, berkarat atau bereaksi dengan unsur-unsur kimia lain. Serpihan emas murni, bahkan dapat dimakan, meskipun tak membawa nutrisi apapun. Yang jelas harga makanan itu membuat kantung kempes.

Logam multiguna

Tujuh puluh delapan persennya digunakan sebagai perhiasan. Industri elektronik juga memanfaatkan emas, karena logam ini merupakan konduktor listrik yang sangat baik dan tidak menimbulkan karat (korosi). Emas pun sangat mudah dibentuk, sehingga proses manufaktur jadi lebih mudah dibandingkan dengan logam lainnya.

Satu ons emas seluas kamar tidur kecil

Satu ons emas jika ditempa bisa menjadi lembaran super tipis yang luasnya menutupi sebuah kamar tidur kecil. Emas dapat dibuat menjadi kawat yang tipisnya sepertiga dari ketebalan rambut manusia. 1 ons emas bis dibuat menjadi benang sepanjang 8 kilometer.

Telepon genggam ada emasnya

Di dalam barang-barang elektronik ini ada emasnya. Menurut laporan UNEP dalam tiap satu ton tumpukan gadget terdapat 340 gram emas. Mungkin kalau banyak ponsel rusak di rumah, bisa kumpulkan emasnya. Baca juga: Memanen Emas dari Daur Ulang Limbah Elektronik

Tapi Limbah pengolahannya berbahaya

Bijih emas digali, dilarutkan dengan sianida dan kemudian ditempa. Emas memang mengagumkan, tetapi limbah beracun akibat pengolahannya harus diperlakukan sama dengan limbah radioaktif. Banyak metode pengolahan emas yang menimbulkan limbah berbahaya. Belum lagi, penggalian emas secara besar-besaran, bisa menimbulkan pencemaran racun sianida yang membunuh spesies di sekitar lokasi penggalian.

 

 
Tags:

Please publish modules in offcanvas position.