fbpx
Kawasan Boutmezguida di barisan pegunungan Antiatlas, adalah wilayah paling kering di Maroko, kendati kerap dilanda kabut.
Komunitas semut adalah sebuah pesona alam yang muncul dalam wujud kolaborasi apik, kerjasama erat...
Persaingan untuk menarik turis digital nomad dan para profesional teknologi digital bergaji tinggi...
China membeli lebih dari 80 ton emas dari Swiss bulan lalu, Bloomberg melaporkan, mengutip data...
Kita sudah tahu bahwa sampah botol plastik berbahaya buat lingkungan hidup. Mari memanfaatkan...
MRT Gagasan BJ Habibie dan Transjakarta Dirintis Gubernur Sutiyoso

MRT Gagasan BJ Habibie dan Transjakarta Dirintis Gubernur Sutiyoso

 
Saat itu Habibie meminta Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirja untuk menyiapkan desainnya (Basic Engineering Design/BED) di tahun 1995.

13 tahun kemudian, pada 17 Juni 2008, berdirilah PT MRT Jakarta demi memuluskan ide tersebut. Dan 10 tahun kemudian, akhirnya MRT bisa mulai dinikmati masyarakat pada bulan Maret 2019.



Sutiyoso menjadi gubernur DKI Jakarta selama 10 tahun, yaitu pada 1997-2007. Salah satu kebijakannya yang terus dilanjutkan adalah pembangunan transjakarta atau busway.

Transjakarta jurusan Blok M-Kota sepanjang 12,9 kilometer diluncurkan pada 15 Januari 2004.

"Bus transjakarta merupakan jawaban atas kondisi lalu lintas saat ini dan sekaligus menjadi titik awal dari perombakan total sistem angkutan umum dalam bingkai transportasi makro," kata Sutiyoso saat peluncuran itu sebagaimana diberitakan harian Kompas pada 16 Januari 2004.
 


Saat itu, transjakarta disambut antusias warga. Orang tua dan anak muda memadati Terminal Blok M dan halte di kawasan Kota Tua, termasuk halte-halte di jalur bus khusus tersebut. Selama dua minggu pertama, warga Jakarta menikmati 56 bus transjakarta secara gratis.
 
kompas/zamane - tvone

Please publish modules in offcanvas position.