fbpx
Arab Saudi meluncurkam program pelatihan khusus mengirim astronaut-astronautnya sendiri – termasuk astronaut perempuan – ke luar angkasa.
Hasil studi baru menunjukkan kota-kota pesisir yang luas di Asia Selatan dan Tenggara tenggelam...
Presiden Xi Jinping ditekan untuk mengundurkan diri oleh Li Keqiang dan anggota Politbiro Partai...
Kawasan di selatan Rusia adalah wilayah konservatif dengan populasi Islam yang penduduknya sangat...
Inilah penguasa terkorup sejagat. Teodoro Obiang (usia 80 tahun) Presiden Equatorial Guinea sudah...
Erdogan dari Aktivis Hingga Menjadi Presiden yang Mengubah Turki Lebih Religius

Erdogan dari Aktivis Islamis Hingga Menjadi Presiden yang Mengubah Turki Lebih Religius


Sosok Recep Tayyip Erdogan ada yang menggambarkannya sebagai "Sultan Ottoman Baru". Perjalanan pemimpin Turki ini dari membangkitkan Islamis hingga menjadi salah satu pemimpin yang 'atraktif' di panggung politik dunia.



Walikota Istanbul yang pernah dipenjara

Setelah bertahun-tahun bergerak di jajaran Partai Kesejahteraan yang berakar Islamis, Erdogan terpilih sebagai walikota Istanbul pada 1994. Namun empat tahun kemudian, partai itu dinyatakan inkonstitusional karena mengancam sistem pemerintahan sekuler Turki dan dibubarkan. Ia kemudian dipenjara empat bulan karena pembacaan puisi kontroversial di depan umum dan akibatnya ia kehilangan jabatannya.

Erdogan mendirikan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), yang memenangkan mayoritas kursi pada tahun 2002. Dia diangkat menjadi perdana menteri pada tahun 2003. Di tahun-tahun pertamanya, Erdogan bekerja untuk menyediakan layanan sosial, meningkatkan ekonomi dan menerapkan reformasi demokratis. Erdogan berhasil mengubah haluan pemerintahan Turki menjadi lebih religius


Ingin generasi yang saleh

Meskipun konstitusi Turki menjamin sistem sekularisme, pengamat yakin bahwa Erdogan telah berhasil membersihkan sistem sekuler di sana. Pemimpin Turki ini mengatakan bahwa salah satu tujuannya adalah untuk membangkitkan "generasi yang saleh." Pendukung Erdogan memuji inisiatifnya dengan menyatakan bahwa tahun-tahun diskriminasi terhadap Muslim yang religius akhirnya bisa berakhir.


Berhasil lolos dari usaha kudeta

Pada Juli 2016, kudeta militer gagal yang menargetkan Erdogan dan pemerintahannya menyebabkan lebih dari 200 orang tewas, termasuk warga sipil dan tentara. Setelah upaya kudeta, Erdogan mengumumkan keadaan darurat dan bersumpah untuk "membersihkan" militer. "Di Turki, angkatan bersenjata tidak mengatur negara atau memimpin negara. Mereka tidak bisa," katanya.


Era Erdogan

Menjabat sebagai presiden Turki sejak 2014, Erdogan menandai transisi Turki menjadi negara presidensial bergaya eksekutif, dan tampil sebagai pemimpin berkelas dunia.

 

 

Turkey's President Recep Tayyip Erdoğan: A History
dw/zid/trtworld
Tags: ,
 
Editor in Chief:
 
Muhammad MG
 
 
Editor: 
 
Abraham Mohammad 
 
Siti Rahmah 
 
Anita Fransiska 
 
Nina Fitri
 
 
Zid World Media 
 
idzamane@outlook.com 
 
idzamane@gmail.com
 
 
Jl Taman Malaka Selatan 2F, Jakarta Timur 
 

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *

Please publish modules in offcanvas position.