Kartel Gelap Raksasa Otomotif BMW-VW-Daimler-Porsche-Audi

Kisah Kartel Gelap Raksasa Otomotif BMW-VW-Daimler-Porsche-Audi

Share

Ketika produsen kendaraan Jerman ketahuan membentuk kartel rahasia untuk mendikte jenis teknologi, pemasok dan biaya komponen, aktivitas gelap itu juga yang kemudian terungkap melakukan skandal emisi gas buang.



Rahasia Gelap

Jerman sejak lama diakui sebagai produsen mobil terbaik di dunia. Tapi siapa nyana, produsen kendaraan ternama seperti BMW, Daimler dan Volkswagen ternyata menyimpan rahasia kelam yang perlahan muncul ke permukaan, yakni kartel gelap raksasa otomotif.


Lima Membidani Skandal

Berawal dari laporan investigatif mingguan Der Spiegel, industri otomotif Jerman ketahuan membentuk kartel rahasia sejak awal dekade 1990 an. Lima perusahaan besar, yakni BMW, Volkswagen, Porsche, Daimler dan Audi tercatat bekerjasama mendikte harga, pemasok komponen, teknik dan bahkan sistem filter mesin diesel.


Kartel Lewat Pertemuan Rahasia

Menurut dokumen setebal beberapa ratus halaman milik Volkswagen yang bocor ke publik, sebanyak 200 pegawai ke-empat perusahaan membentuk 60 tim kerja dan lebih dari 1.000 pertemuan rahasia untuk menyepakati jenis rem, kopling atau persneling. Mereka juga menyepakati daftar pemasok dan harga setiap komponen mesin.


Teknologi Manipulatif

Kartel otomotif Jerman bahkan menentukan sistem penggerak yang akan digunakan pada mobil dengan atap terbuka. Namun salah satu kasus paling spektakuler adalah bagaimana kartel tersebut mendukung penggunaan piranti lunak untuk memanipulasi teknologi filter mesin yang kemudian melahirkan skandal diesel tahun lalu.


Akal-akalan Emisi

Pada berbagai pertemuan mereka misalnya menyepakati ukuran tangki bahan bakar untuk sistem penyaringan AdBlue. Karena ukuran tangki yang besar terlalu mahal, mereka menggunakan tangki yang lebih kecil. Namun perubahan tersebut membuat penyaringan menjadi tidak efektif. Akhirnya banyak produsen yang berusaha memanipulasi sistem penyaringan mesin diesel dengan menanam piranti lunak rahasia


Muslihat Canggih

Dengan teknologi gelap tersebut sebuah kendaraan mengetahui sedang menjalani ujicoba gas buang dan menyesuaikan performa mesin dengan standar emisi yang berlaku. Tapi ketika digunakan di jalan, emisi gas buang kendaraan kembali ke level normal yang jauh melebihi standar emisi Eropa.


Tamparan bagi Industri Otomotif

Kini Badan Pengawasan Kartel Jerman mulai menyelidiki kesepakatan ilegal antara produsen otomotif. Sebagian berinisatif mengirimkan dokumen-dokumen bukti untuk menghindar dari sanksi berat. Volkswagen dan Daimler tercatat sudah melaporkan diri. Namun BMW dan Audi masih membantah tudingan tersebut.

 
 

 

 

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *