Ini Tujuh Klub Sepak Bola Terkaya Dunia 2020

Ini Tujuh Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2020

FC Barcelona untuk pertama kalinya masuk peringkat teratas daftar klub terkaya dunia versi Deloitte Football Money League, menggeser rival utamanya Real Madrid. Satu-satunya klub Jerman di papan atas: Bayern München.


1. Barcelona - 840.8 juta euro


Barcelona akhirnya menggeser Real Madrid dari peringkat teratas klub terkaya dunia di Deloitte Football Money League 2020. Barca juga menjadi klub pertama dunia dengan pendapatan di atas 800 juta euro. Aset terbesarnya adalah sang superstar Lionel Messi, yang menurut klubnya tidak akan dijual.

2. Real Madrid - 757.3 juta euro

Real Madrid harus puas duduk di peringkat kedua. Dibanding tahun lalu (750,9 juta euro) pendapatan mereka hanya naik sedikit. Kepergian Cristiano Ronaldo hingga kini tidak tergantikan. Real Madrid sekarang diisukan mengejar nama-nama besar seperti Paul Pogba dan Kylian Mbappé.

3. Manchester United - 711.5 juta euro

Sempat bertengger di peringkat teratas dua tahun lalu, Manchester United sekarang berada di posisi ketiga, sama seperti tahun lalu. Di Liga Inggris, pamornya malah sudah lama ditandingi oleh rival satu kota: Manchester City. Jika tersingkir dari kompetisi Champions League di musim depan, mungkin MU makin melorot lagi disusul oleh City di peringkat klub terkaya tahun depan.

4. Bayern München - 660.1 juta euro

FC Bayern menjadi satu-satunya klub Liga Jerman Bundesliga yang mampu menembus sepuluh besar daftar klub terkaya dunia. Sekalipun peringkat di Bundesliga melorot dari posisi puncak, klub ini masih dianggap salah satu klub terbaik Jerman.

5. Paris St. Germain - 635.9 juta euro

Delapan tahun lalu, langganan juara Liga Prancis ini diambil alih oleh kelompok investasi Qatar, QSI. Sejak itu, ratusan juta euro disuntikkan ke klub untuk merekrut pemain-pemain top, salah satunya Neymar. Sejak berada di bawah asuhan pelatih Jerman Thomas Tuchel, Paris St. Germain diperhitungkan sebagai salah satu nama besar di Eropa.

6. Manchester City - 610.6 juta euro

Klub lain yang mendapat curahan uang dari investor Arab adalah Manchester City, yang didanai Abu Dhabi United Group sejak 2008. Tahun 2016, mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola direkrut untuk memenuhi ambisi besar City: Juara Liga Champions. Semenjak itu City berhasil menjuarai Liga Inggris empat kali. Namun pada musim ini, mereka hanya berada di posisi kedua, tertinggal jauh dari FC Liverpool.

7. Liverpool - 604.7 juta euro

FC Liverpool mencatat prestasi manis di 2019 dengan memenangkan piala bergengsi Champions League. Keberhasilan ini tidak lepas dari dua wajah: pemain utama Mohammed Salah (kiri) dan pelatih Juergen Klopp (kanan). Pada musim ini, Liverpool begitu dominan di Liga Inggris sehingga hampir tidak ada yang meragukan bahwa mereka akan menjuarai Premier League.

 

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

 

Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *