fbpx
Semua Angkutan Umum Gratis di Negara Ini

Semua Angkutan Umum Gratis di Negara Ini

Luksemburg negara pertama dan satu-satunya di dunia yang menerapkan angkutan umum gratis sepenuhnya.


Menteri Mobilitas dan Pekerjaan Umum Luksemburg, François Bausch, mengatakan bahwa langkah menggratiskan angkutan umum ini untuk mengurangi kesenjangan sosial.

"Tujuannya adalah untuk menghentikan kesenjangan yang semakin dalam antara yang kaya dan yang miskin," ujar Bausch.

"Bagi orang-orang dengan upah rendah, biaya transportasi sangat signifikan. Karena itu lebih mudah menggratiskannya bagi semua orang." Transportasi gratis ini diperkirakan akan memengaruhi sekitar 40 persen rumah tangga dan membantu mereka berhemat.

 "Transportasi gratis adalah ide yang luar biasa," ujar seorang warga bernama M'Barek Rabii yang bekerja di pasar grosir nasional.

Laki-laki yang harus membesarkan anak berusia 12 tahun sendirian ini hidup dari upah minimum. Setiap bulan, ia membawa pulang gaji sebesar 1.770 euro (sekitar Rp 28,8 juta) setelah dipotong pajak. Ini bukanlah penghasilan yang besar untuk hidup di Luksemburg, apalagi dengan seorang anak.

Dari gaji tersebut, sekitar 900 euro (Rp 14 juta) ia habiskan untuk membayar sewa tempat tinggal dan 50 euro (Rp 786 ribu) untuk transportasi umum setiap bulannya. Rabii mengatakan tidak mampu membeli tiket permusim seharga 400 euro (hampir Rp 6,3 juta).



"Bersamaan dengan kenaikan upah minimum, (transportasi umum gratis) ini akan membantu orang-orang dengan gaji rendah seperti saya untuk lebih bisa memenuhi kebutuhan," ujarnya.

 

 
 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *