Sembilan Fakta Volkswagen, Mobil Rakyat Gagasan Hitler

Sembilan Fakta Volkswagen, Mobil Rakyat Gagasan Hitler

Mobil Volkswagen terkenal ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Merek yang artinya "mobil rakyat" ini idenya justru berasal dari propaganda Hitler. Inilah 9 fakta menarik tentang mobil tangguh buatan Jerman itu.



Mobil Rakyat Gagasan Hitler



Volkswagen adalah salah satu proyek ambisius Adolf Hitler dan dikembangkan oleh Ferdinand Porsche penggagas mobil Porsche. Pada tahun 1939 Hitler membangun sebuah kota khusus "Fallersleben" dengan motto "Kraft durch Freude" di mana pabrik dan perumahan karyawan berlokasi. Nama kota diganti jadi Wolfsburg 25 Mei 1945 dan bertahan hingga sekarang sebagai kantor utama VW.


VW Kodok Mobil Terlaris Sedunia

Mobil yang dikenal di Indonesia sebagai VW Kodok, dalam bahasa Jermannya 'Der Käfer' alias kumbang atau Beetle (Inggris) adalah mobil yang mencatat rekor terlaris sedunia. Hingga produksinya dihentikan 2003 silam, jenis mobil ini terjual lebih dari 21,5 juta unit di seluruh dunia. Sebuah rekor penjualan yang sulit dipecahkan merek lain.


Industri Terbesar di Jerman

Industri otomotif menjadi sektor ekonomi terbesar di Jerman. Disamping Volkswagen ada dua pabrikan lain yang menyediakan lapangan kerja amat besar: Daimler (produsen merek Mercedes) dan BMW. Tiga pabrik otomotif ini digabung mempekerjakan 800.000 pegawai, atau sekitar 2 persen dari seluruh tenaga kerja di Jerman.


Volkswagen Group Beragam Merek

Sekarang Volkswagen Group menguasai 12 merek terkenal. Tahukah Anda bahwa merek terkenal Audi, Bentley, Lamborghini, Bugatti, atau Porsche adalah anak perusahaan milik VW? Sekitar 37 persen pemasukan bagi Volkswagen Group tahun 2014 berasal dari merek-merek terkemuka ini.


Mendominasi Pasar

Volkswagen sekarang boleh menepuk dada sebagai mobil rakyat. Paling tidak di Jerman, dimana pangsa pasarnya mencapai 36 persen dari seluruh penjualan mobil.


Menguasai Dunia

Di pasar global pangsa pasar Volkswagen mencapai 10 persen, alias dari 10 mobil yang terjual satu diantaranya memasang merek VW di grill depannya. Perusahaan Volkswagen 2014 silam sukses menjual 10,2 juta unit mobil di seluruh dunia, sekitar 70 persennya hasil penjualan di luar Jerman.


Pemuncak Posisi Penjualan

Volkswagen berhasil menyalip Toyota sebagai pemuncak posisi penjualan mobil terbanyak sedunia. Nilai penjualan pada 2014 tercatat 202,5 milyar Euro dengan laba setelah pajak mencapai 11,1 milyar Euro. Setelah terbongkarnya skandal emisi, posisi pemuncak peringkat terlihat mulai goyah.


Penyedia Lapangan Kerja Global

Volkswagen mempekerjakan 600.000 orang pegawai di seluruh dunia, demikian statistik per 31 Desember 2014. Dengan begitu VW menempati peringkat pemberi kerja terbesar sedunia. Sekitar 270.000 pegawainya bekerja di pabrik dan kantor di Jerman.


Produk Ekspor Unggulan

Industri mobil menjadi sektor produk ekspor unggulan Jerman. Pendapatan dari ekspor otomotif 2014 mencapai total 370 milyar Euro. Volumenya mencapai 20 persen total ekspor Jerman dan menyumbang kontribusi 3 persen pada pendapatan kotor nasional.

 
Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *