fbpx
Duit Penguasa Qatar Merambah Bisnis Dunia, Termasuk Indonesia

Duit Penguasa Qatar Merambah Bisnis Dunia, Termasuk Indonesia

Qatar yang kecil tercatat sebagai negara terkaya di dunia. Melalui investasi dan akuisisi, penguasa Qatar mampu menebar pengaruh politiknya ke seluruh dunia. Ini beberapa di antaranya:



Indosat

Perusahaan telekomunikasi Qatar, QTel, menguasai 65% saham Indosat senilai lebih dari 3 miliar Dolar AS. Gurita investasi Doha tidak hanya berhenti di bidang telekomunikasi. Tahun 2011 Bank Nasional Qatar juga mengakuisisi mayoritas saham Bank Kesawan dan mengubah nama menjadi QNB Indonesia. Qatar juga membentuk dana investasi di Indonesia, ekspansi bisnisnya terus berlanjut.


Volkswagen AG

Melalui Qatar Holding, otoritas investasi Qatar memiliki 17 persen saham pada produsen otomotif terbesar Jerman, Volkswagen. Dengan jumlah tersebut Qatar merupakan investor terbesar ketiga di VW. Otomotif bukan satu-satunya sektor yang diminati penguasa Doha. QIA antara lain juga banyak menanam modal di perusahaan Jerman yang bergerak di bidang konstruksi, energi dan teknologi robotik.


Barclay/London Stock Exchange

Krisis keuangan pada 2008 menjadi kesempatan buat Otoritas Investasi Qatar buat menggandakan portfolionya. QIA antara lain menguasai enam persen saham pada bank terbesar ketiga di Inggris, Barclay, dan 10,3% saham pada London Stock Exchange. Secara umum nilai investasi Qatar di Inggris mencapai angka 50 miliar Dolar AS.


The Shard

Qatar sejak satu dasawarsa terakhir aktif berbelanja properti di Inggris. QIA tidak hanya memiliki The Shard di London, tetapi juga perumaham mewah Chelsea Barracks dan desa Olympiade yang ditaksir bernilai lebih dari 700 juta Dolar AS. Tidak heran jika Doha sering disebut sebagai tuan tanah paling kaya di London.


British Airways

Bukan cuma QIA dan Qatar Holding, maskapai sipil Qatar Airways juga rajin menanam modal di seluruh dunia. Belum lama ini Qatar Airways menambah investasinya di dua maskapai Eropa, British Airways dan Iberia Air, menjadi 20 persen. Qatar juga membeli 10% saham Latam Airlines di Chile dan terjun langsung ke pasar penerbangan domestik di India.


Paris St. Germain

Pada 2011 Qatar Sport Investment menjadi pemilik resmi klub sepakbola Perancis, Paris St. Germain. Sejak itu Qatar menyuntik dana besar untuk membeli pemain-pemain ternama di dunia, termasuk penyerang Swedia Zlatan Ibrahimovic. Hasilnya empat gelar juara liga Perancis berhasil dikantongi PSG.


Rosneft

Energi adalah sektor yang paling digemari Otoritas Investasi Qatar. Desember 2016 QIA menyepakati pembelian 19,5 persen saham perusahaan minyak Rusia, Rosneft, senilai sebelas miliar Dolar AS. Doha juga membeli 24,9% saham bandar udara internasional St. Petersburg .


Empire State Building

Ketika membuka kantor di New York 2015 silam, Otoritas Investasi Qatar berjanji mengucurkan dana investasi senilai 35 miliar Dolar AS hingga 2020. Duit itu antara lain digunakan buat membeli 9,9% saham pada Empire State Building dan puluhan properti papan atas lain di New York, Los Angeles dan Washington DC. Qatar saat ini adalah investor gedung perkantoran terbesar ke empat di Amerika Serikat


Credit Suisse

Pada 2008 Qatar Holding membeli 17.98% saham pada bank Swiss, Credit Suisse. Beberapa pekan lalu otoritasi investasi di Doha mengakuisisi saham tambahan dan menggeser Olayan sebagai investor tunggal terbesar. Grup Olayan adalah perusahaan investasi keluarga asal Arab Saudi.

DW, forbes, ft, arabianbusiness, bloomberg

Tags: , ,