fbpx
Apa Siapa Pavel Durov, Orang Rusia Pendiri Telegram

Kini Pengguna Telegram Lebih 1 Miliar, Siapa Pavel Durov Orang Rusia Pendiri Telegram?

Aplikasi pesan Telegram telah melampaui satu miliar pengguna secara global, menurut data Sensor Tower, dan bersaing dengan aplikasi serupa tapi tak sama seperti WhatsApp.


Sensor Tower juga mencatat bahwa India muncul sebagai pasar terbesar untuk Telegram, dengan sekitar 22 persen unduhan. Rusia dan Indonesia adalah dua pasar utama untuk aplikasi Telegram setelah India, masing-masing menerima 10 persen dan delapan persen dari total pemasangannya.

“Dengan fokus pada privasi, Telegram berhasil mengukir prestasi di pasar perpesanan seluler yang sangat kompetitif,” ujar Craig Chapple, Ahli Strategi Wawasan Seluler, EMEA, Sensor Tower yang datanya dilaporkan Tech Crunch.

 

Ada yang mengenal sosok Pavel Durov? Ya, dia adalah penguasa teknologi asal Rusia yang mendirikan aplikasi pengirim pesan Telegram dan media sosial VKontakte yang adalah Facebook versi Rusia.

 
Karena itu pula dia sering disebut sebagai Mark Zuckerberg-nya Rusia. 
 
Di negara bekas Uni Soviet itu, Durov dianggap pahlawan oleh para netizen Rusia, apalagi karena konflik tak berkesudahan antara dirinya dengan Presiden Vladimir Putin. Apa sebabnya? Lihat videonya
 
dw/zid