fbpx
NASA Bikin Pesawat Kepresidenan Berkecepatan 1.500 Kilometer per Jam yang Juga Boleh Dibeli Kaum Super Tajir

NASA Bikin Pesawat Kepresidenan Berkecepatan 1.500 Kilometer per Jam

NASA menugaskan perusahaan kedirgantaraan AS Lockheed Martin Aeronautics untuk membuat pesawat supersonik X-Plane yang 'tidak bising' berkecepatan 1.500 kilometer per jam, yang akan dijadikan pesawat kepresidenan, selain bisa dibeli oleh orang-orang super tajir.



Lockheed Martin sudah membuat prototipe dan siap menguji pesawat "yang mengurangi suara ledakan sonik menjadi lebih lembut," kata badan antariksa AS itu.

Pesawat eksperimental ini "akan terbang pada ketinggian hampir 17.000 meter dengan kecepatan sekitar 1.513 kilometer per jam dan suara yang terdengar hanya sekeras bunyi menutup pintu mobil, yaitu 75 Perceived Level desibel (PLdB), bukan ledakan sonik."

Kecepatan yang tepat bervariasi tergantung pada kondisi, tetapi kecepatan 940 mph (mil per jam) berarti lebih cepat 100 mph dari kecepatan suara.

"Sangat menarik untuk merancang dan menerbangkan X-Plane pada skala ini," kata Jaiwon Shin dari Direktorat Misi Riset Aeronautika NASA.

Konstruksi pesawat akan dibuat di fasilitas Lockheed Martin Skulk Works di Palmdale, California - di mana pesawat mata-mata Blackbird U-2 dan SR-71 dibuat.

Perusahaan harus membuktikan terlebih dulu penerbangan pesawat supersonik yang tenang. Kemudian Federal Aviation Administration AS harus mengubah aturan untuk memungkinkan penerbangan supersonik sipil.

NASA bersiap "menerbangkan X-Plane di kota-kota AS terpilih dan mengumpulkan data tentang tanggapan masyarakat terhadap penerbangan tersebut."

 

 

 

DW, AFP

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *