fbpx
Tahun 1937 McDonald Bermula dari Warung Dua Bersaudara Mac dan Dick

Tahun 1937 McDonald Bermula dari Warung Dua Bersaudara Mac dan Dick

Dengan hidangan utama berupa hamburger, McDonald’s merupakan salah satu waralaba rumah makan siap saji terbesar dunia. Berikut beberapa fakta tentang McDonald’s



Menu pertama

Tahun 1937, dua bersaudara Mac dan Dick McDonald mendirikan “warung” pertamanya dengan modal pinjaman sebesar 5.000 Dollar. Namun awalnya bukan lah burger menu utama yang mereka tawarkan, melainkan hot dog, sedangkan burger menjadi menu pilihan. Niat keduanya sebetulnya membuka warung hot dog tapi ternyata burger yang lebih laris diminati.

Pada tahun 1954, Ray Kroc makan di warung Mac dan Dick McDonald. Kroc terkesan dengan makanan dagangan mereka, lalu dia mengubah bisnis mereka menjadi waralaba dan menciptakan McDonald's System, Inc. Dagang makanan menjadi sukses, menjual burger McDonald's yang ke-100 juta hanya tiga tahun kemudian.

Saat ini, McDonald's menghasilkan $ 21 miliar dalam penjualan dan dianggap sebagai salah satu merek paling terkenal di dunia.

Bukan yang terbesar

Walaupun rumah makan siap saji ini bisa ditemui di banyak negara, namun ternyata McDonald bukan lah perusahan wiralaba terbesar dunia. Dengan cabang di lebih dari 40 ribu lokasi di dunia, McDonald menempati posisi ke-dua, di belakang Subway.


Makanan mewah di Sierra Leone

Dengan mengacu pada harga satu burger McDonald, ConcergEx Group pernah mengeluarkan analisa tentang upah minipal di seluruh dunia. Hasilnya, berdasarkan kemampuan warga untuk membeli satu burger McDonald, upah di negara Sierra Leone merupakan yang paling rendah. Untuk menikmati satu Big Mac seharga sekitar 4 Dollar, warga Sierra Leone harus bekerja selama 136 jam.


Disantap 70 juta orang perhari

Menurut satu studi, setiap hari sekitar 70 juta orang di seluruh dunia singgah di McDonald untuk menyantap menu di restoran siap saji ini.

 


dw/zid

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *