fbpx
Prospek Bagus Lapangan Kerja dan Bisnis Listrik Energi Surya

Prospek Bagus Lapangan Kerja dan Bisnis Listrik Energi Surya

Pada 2019, sekitar 11,5 juta orang di seluruh dunia bekerja di sektor energi terbarukan, menurut laporan Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA).



IRENA berpandangan bahwa investasi untuk menghidupkan kembali ekonomi dan pasar kerja ketika negara-negara keluar dari krisis COVID-19 harus memprioritaskan transisi energi.

"Kami memperkirakan bahwa setiap dolar yang dihabiskan di bidang ini menciptakan pekerjaan tiga kali lebih banyak daripada di sektor energi fosil," kata Direktur Jenderal IRENA Francesco La Camera.

Tenaga surya kini menjadi sarana pembangkit listrik termurah, oleh karena itu para peneliti mengharapkannya untuk membuat terobosan global sebagai sumber energi utama di masa depan. Saat ini, ada sistem fotovoltaik dengan total kapasitas sekitar 850 GW terpasang di seluruh dunia. Mereka menghasilkan listrik kira-kira sebanyak 190 pembangkit listrik tenaga nuklir.

Studi memperkirakan bahwa setidaknya 60.000 GW tenaga surya akan dibutuhkan untuk mencapai pasokan energi global yang netral iklim. Untuk melakukan ini, industri perlu mempekerjakan lebih dari 60 juta pekerja dalam dekade berikutnya untuk produksi dan perakitan modul, serta pemeliharaan sistem.

 
Rasa ingin tahu memicu semangat untuk bekerja di sektor energi

Fabian Rojas, insinyur yang berbasis di Cologne, terpesona oleh tenaga surya dan angin, dan teknologi energi baru yang hemat. Dia rutin bertukar pikiran tentang topik ini melalui panggilan video dengan seorang teman dari Argentina yang mendirikan sistem tenaga surya di Amerika Serikat.

"Tenaga surya dibutuhkan di seluruh dunia, dan itulah mengapa ada permintaan global untuk pekerja di bidang ini," kata Rojas, menambahkan bahwa ini berlaku untuk Eropa serta Asia dan Amerika Selatan.

Bagi siapa saja yang ingin bekerja di industri ini, Rojas merekomendasikan untuk bersikap proaktif. "Didik dirimu sendiri, coba magang. Untung banyak informasi di internet juga."

Di sektor tenaga surya, ia melihat banyak peluang untuk bekerja di tempat lain di dunia dan berbagi pengetahuannya: "Saya senang melihat siapa yang akan datang mengetuk pintu kami selanjutnya."
 
 
dw, zid