fbpx
Masalah 'Brown Sugar' dalam Pertunjukan Rolling Stones di AS

Masalah 'Brown Sugar' dalam Pertunjukan Rolling Stones di AS

The Rolling Stones telah meniadakan lagu populer mereka "Brown Sugar" dari tur AS, setidaknya untuk saat ini, di tengah kritik atas lirik yang mengacu pada perbudakan.



"Kau menangkapnya, ya?" Keith Richards mengatakan kepada Los Angeles Times dalam sebuah wawancara, ketika ditanya tentang ketidakhadiran lagu tersebut di pertunjukan.

"Saya mencoba mencari tahu dengan para suster di mana daging sapi itu berada. Tidakkah mereka mengerti ini adalah lagu tentang kengerian perbudakan? Tapi mereka mencoba menguburnya. Saat ini saya tidak mau terlibat konflik," kata superstar itu.

"Saya berharap kami dapat menghidupkan kembali bayi dalam kejayaannya di suatu tempat di sepanjang trek," kata Richards, yang kini berusia 77 tahun, menambahkan.

Puncak tangga lagu rock yang secara resmi dirilis pada tahun 1971 dibuka dengan lirik "Gold coast slave ship bound for cotton fields" dan referensi pemukulan orang-orang yang diperbudak, dan seks dengan wanita-wanita muda yang diperbudak.

Dalam beberapa tahun terakhir kritikus majalah dan lainnya telah mengkritik lagu itu sebagai "rasis," termasuk seorang penulis untuk New York Magazine yang menyebut lagu itu "kotor, seksis, dan sangat menyinggung wanita kulit hitam."

"Kami telah memainkan 'Brown Sugar' setiap malam sejak tahun 1970, jadi terkadang Anda berpikir, Kami akan mengeluarkannya untuk saat ini dan melihat bagaimana kelanjutannya," kata vokalis Mick Jagger kepada LA Times.

"Kami mungkin memasukkannya kembali," katanya, menambahkan "daftar set dalam pertunjukan stadion, ini agak sulit."

Pada tahun 1995 Jagger mengatakan kepada majalah Rolling Stone bahwa "Saya tidak akan pernah menulis lagu itu sekarang."

"Saya mungkin akan menyensor diri saya sendiri. Saya akan berpikir, 'Ya Tuhan, saya tidak bisa. Saya harus berhenti'. Tuhan tahu apa yang saya bicarakan di lagu itu. Ini sangat kacau. Semua subjek jahat dalam sekali jalan."

The Stones menghidupkan kembali tur "No Filter" mereka pada bulan September setelah jeda lama karena pandemi virus corona.

Mereka akan memainkan serangkaian pertunjukan di AS hingga November 2021 termasuk di Los Angeles, Las Vegas dan Detroit.

 
The Rolling Stones - Brown Sugar (Live) 1972
 

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *