fbpx
Inovasi Singapura: Panel Surya Tipis Ringan yang Bakal Laris di Dunia

Panel Surya Tipis Ringan Buatan Singapura yang Bakal Laris di Dunia

Panel ultra tipis dan ringan yang dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Singapura, Maxeon Solar Technologies, diprediksi akan segera mengambil alih pasar Eropa dan selanjutnya dunia.



Tenaga surya adalah sumber energi terbarukan yang sangat efektif karena sinar Matahari gratis, memberi kita lebih banyak energi daripada yang kita gunakan.

'Panel surya udara' ini tipis dan setengah berat (dalam kg/m2) dari kebanyakan panel konvensional. Ini berarti dapat digunakan pada atap lama yang sudah ada yang tidak dirancang untuk menahan beban yang begitu berat.



Mengapa kita membutuhkan panel surya yang ringan?


Bangunan bertanggung jawab atas 28 persen emisi global, namun terlalu banyak atap - sekitar 40 persen dari bangunan yang ada - tidak dapat menggunakan tenaga surya karena sebagian besar panel surya terlalu berat.

Panel ringan ini menawarkan peluang besar untuk bangunan yang ada, yang saat ini tidak dapat menampung panel surya jenis lama yang berat. 
 
Tidak ada bingkai logam dan tidak ada kaca tebal yang digunakan di panel ini, dan sistem pemasangan perekat semakin mengurangi berat, karena tidak diperlukan rak.

Berat yang dihasilkan, sekitar 6 kg/m², kurang dari setengah dari sistem konvensional dan secara signifikan mengurangi beban atap. Di Eropa saja, Maxeon memperkirakan bahwa ada pasar tahunan yang belum terlayani untuk 'atap beban rendah' ​​lebih dari 4 GW.

“Dampak dari desain baru ini pada rantai pasokan tenaga surya dan biaya serta jadwal penyebaran akan sangat besar,” kata CEO Maxeon Jeff Waters.
 
Tags: ,