fbpx
Metaverse Berpeluang Meraup Rp 14 Ribu Triliun Per Tahun

Putaran Uang di Bisnis Metaverse Berpeluang Rp 14 Ribu Triliun Per Tahun

Dengan dunia digital yang makin berdenyut dalam kehidupan kita sehari-hari, putaran uang di Metaverse akan lebih dari $ 1 triliun per tahun, menurut perusahaan investasi crypto Grayscale.



Dalam laporan berjudul “The Metaverse, Web 3.0 Virtual Cloud Economies,” prediksi Grayscale didasarkan pada peluang yang akan muncul dari persimpangan tren yang sedang berlangsung dalam kehidupan sosial kita, dan game online dengan potensi blockchain untuk menyediakan infrastruktur ke dunia digital. .


“Peluang pasar untuk menghidupkan Metaverse mungkin bernilai lebih dari $ 1 triliun dalam pendapatan tahunan dan dapat bersaing dengan perusahaan Web 2.0 senilai $ 15 triliun dalam nilai pasar saat ini,” kata Grayscale.

Metaverse didefinisikan oleh penulis laporan David Grider dan Matt Maximo sebagai “dunia virtual 3D yang saling terhubung, berdasarkan pengalaman, di mana orang-orang yang berada di mana saja dapat bersosialisasi secara real-time untuk membentuk ekonomi internet yang persisten, milik pengguna, yang mencakup dunia digital dan fisik. ”

“Visi untuk keadaan web masa depan ini memiliki potensi untuk mengubah interaksi sosial, transaksi bisnis, dan ekonomi internet kita secara luas,” kata mereka.
 
 
Grayscale percaya bahwa pendapatan dari dunia game virtual dapat tumbuh menjadi setidaknya $400 miliar pada tahun 2025.

Pergeseran monetisasi pengembang game adalah dinamika utama yang mendorong tren pertumbuhan. Laporan tersebut menggarisbawahi bahwa gamer semakin menjauh dari game premium “membayar untuk bermain” dan beralih ke game “gratis”, yang dimonetisasi oleh pengembang dengan menjual item dalam game kepada pemain atau memungkinkan mereka untuk mendapatkan status sosial di dunia virtual.

Laporan tersebut menambahkan bahwa pada kuartal ketiga tahun 2021, penggalangan dana untuk crypto mencapai $8,2 miliar, $1,8 miliar di antaranya digunakan untuk Web 3.0 dan token non-fungible (NFT).