fbpx
Borong Tanah di Hawaii, Mark Zuckerberg Disebut Penjajah

Mark Zuckerberg dan Nyonya Borong Tanah di Hawaii, Kenapa Disebut Penjajah?

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg telah membeli lagi 110 hektar tanah di pulau Hawaii Kauai meskipun protes dari penduduk setempat karena mereka menganggap kepemilikan wilayah termasuk reservoir dan hutan murni.



Taipan media sosial itu dan istrinya sekarang memiliki 1.400 hektar tanah di pulau itu, sebagian besar melindungi lahan pertanian dan konservasi. Tambahan terbaru untuk Peternakan Ko'olau senilai $100 juta termasuk waduk Ka Loko, di mana sebuah bendungan runtuh pada tahun 2006 setelah 40 hari hujan, menewaskan tujuh orang, media lokal melaporkan. Bencana itu disalahkan pada pemilik sebelumnya, dari siapa Zuckerberg membeli properti itu pada November seharga $ 17 juta.

Miliarder itu sebelumnya menghadapi tuduhan mencoba "menjajah" Kauai. Tindakan pasangan itu setelah membeli rumah pertama mereka di pulau itu pada tahun 2014 hampir tidak bertetangga, dengan miliarder memilih untuk membangun tembok di sekitar properti seluas 707 hektar untuk memblokir penduduk setempat mengakses pantai Pila'a, tempat yang dicintai oleh penduduk setempat dan pelancong. Zuckerberg kemudian dituduh berusaha memaksa petani penyewa dari tanah mereka, sebuah pencarian yang akhirnya dia menyerah tiga tahun kemudian, meminta maaf di koran lokal atas upaya pengambilalihannya.

Keluarga Zuckerberg juga memiliki sebagian besar Perkebunan Kahu'aina dan Pantai Larsen, setelah memperoleh tambahan 600 hektar pada bulan April seharga $53 juta. “Tim keamanan” yang ditugaskan untuk melindungi pasangan dan investasi mereka menelan biaya lebih dari setengahnya, mencapai $23 juta, menurut media lokal.

Tim keamanan mungkin sepadan dengan uangnya, mengingat berapa banyak tanda tangan yang diperoleh dari petisi Change.org yang meminta Departemen Pertanahan Hawaii untuk "Hentikan Mark Zuckerberg dari Menjajah Kauai." Lebih dari 1 juta orang telah menandatangani petisi sejauh ini.

Keluarga Zuckerberg jauh dari satu-satunya miliarder teknologi yang memperluas jejak mereka di atas pulau surga tropis Hawaii. Pendiri Amazon Jeff Bezos membeli tanah senilai $78 juta di Maui pada bulan November setelah meninggalkan istrinya, mempertaruhkan klaim atas cagar perikanan laut dengan rekannya Lauren Sanchez.

Kehadirannya tidak dapat disamakan dengan penduduk setempat, karena bahkan mereka tidak diizinkan untuk memancing atau melakukan aktivitas komersial di daerah tersebut, dan dia juga baru-baru ini mengambil sebagian besar properti untuk orang tuanya di pulau itu.

Larry Ellison dari Oracle juga memiliki hampir seluruh pulau Lanai.

 

 
RT, Zid