fbpx
Mata Uang Yuan Digital Didukung Raksasa Teknologi Tencent untuk Mendunia

Mata Uang Yuan Digital Didukung Raksasa Teknologi Tencent untuk Mendunia

Konglomerat teknologi China Tencent telah menambahkan yuan digital ke dompet WeChat Pay-nya, memberi pengguna opsi untuk membayar menggunakan mata uang digital bank sentral China (CBDC).



Dikutip dari China Daily, ntuk menggunakan CBDC dalam transaksi, pengguna WeChat harus telah memverifikasi identitas mereka melalui aplikasi e-CNY, aplikasi dompet yuan digital yang dikembangkan oleh People's Bank of China. Setelah diaktifkan, opsi ini akan memungkinkan pengguna untuk membayar dan menerima mata uang yuan digital di WeChat.

Versi percontohan aplikasi e-CNY diluncurkan awal pekan ini, seiring Beijing melanjutkan peluncuran CBDC-nya.

Dikembangkan oleh Tencent, WeChat adalah aplikasi pesan instan yang dominan di Cina daratan, dengan lebih dari satu miliar pengguna. Bersama dengan Alipay, WeChat sering dijuluki sebagai 'aplikasi super', karena mengintegrasikan berbagai layanan.

China telah mengembangkan konsep mata uang digital berdaulat sejak 2014. Yuan digital, yang masa percobaannya telah berlangsung selama lebih dari setahun, telah menyelesaikan transaksi senilai $9,7 miliar pada akhir Oktober 2021.

Potensi perluasan penggunaan e-CNY datang menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing tahun ini. PBOC bertujuan untuk menyiapkan yuan digital untuk acara tersebut, yang akan dimulai di ibukota China pada 4 Februari.

Tencent juga mengatakan akan mengeksplorasi pengalaman pembayaran yuan digital di Desa Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang akan dibuka pada 27 Januari.