fbpx
AirCar, Mobil Terbang Bermesin BMW yang Benar-benar Keren

AirCar, Mobil Terbang Bermesin BMW yang Benar-benar Keren

Mobil yang dapat berubah menjadi pesawat terbang kecil telah mendapatkan “Sertifikat Kelaikan Udara resmi” oleh Otoritas Transportasi Slovakia. Hanya dibutuhkan dua menit dan 15 detik untuk mengubah dari mobil menjadi pesawat dan sebaliknya. Sayap dan ekor terbuka atau terlipat secara otomatis.

 
Menurut Klein Vision, perusahaan di belakang AirCar, 70 jam "pengujian penerbangan yang ketat", termasuk lebih dari 200 lepas landas dan mendarat, telah selesai. Semua itu sudah sesuai dengan standar European Aviation Safety Agency (EASA).

“Tes penerbangan yang menantang mencakup berbagai manuver penerbangan dan kinerja dan menunjukkan stabilitas statis dan dinamis yang menakjubkan dalam mode pesawat,” kata Klein Vision dalam siaran persnya.

AirCar ditenagai oleh mesin BMW 1,6 liter, dan beroperasi dengan bensin biasa, “bahan bakar yang dijual di pompa bensin mana pun,” Anton Zajac, salah satu pendiri Klein Vision, mengatakan. Kendaraan dapat terbang pada ketinggian operasi maksimum 18.000 kaki, tambahnya. Dibutuhkan hanya dua menit dan 15 detik untuk mengubah dari mobil menjadi pesawat. Sayap dan ekor terlipat secara otomatis untuk mengemudi di jalan.


Seorang juru bicara Klein Vision juga mengatakan bahwa lisensi pilot diperlukan untuk menerbangkan kendaraan hibrida. Dia telah menyatakan harapannya agar AirCar tersedia secara komersial dalam waktu 12 bulan.

Pada bulan Juni, mobil terbang menyelesaikan penerbangan uji 35 menit antara bandara di Nitra dan ibukota Bratislava di Slovakia. Setelah mendarat, pesawat diubah menjadi mobil dan dibawa ke pusat kota.

“Sertifikasi AirCar membuka pintu untuk produksi massal mobil terbang yang sangat efisien. Ini resmi dan konfirmasi terakhir dari kemampuan kami untuk mengubah perjalanan jarak menengah selamanya," kata penemu AirCar Stefan Klein seperti dikutip dari Top Gear Magazine.

BMW memulai sebagai produsen mesin pesawat, tetapi setelah Perang Dunia I Jerman dilarang membuat pesawat terbang atau mesin untuk mereka (selama lima tahun). Jadi, perusahaan beralih ke pembuatan sepeda motor dan mobil. Pada tahun 1924 mereka melanjutkan produksi mesin pesawat, dan akhirnya berhenti pada tahun 1945. Logo ikonik dengan empat kuadran berwarna mewakili baling-baling pesawat yang berputar.
 

Tags: