fbpx
Memulai Usaha di Garasi, Kini Apple Bernilai Rp 42 Ribu Triliun

Memulai Usaha di Garasi, Kini Bisnis Apple Bernilai Rp 42 Ribu Triliun

Apple meraih rekor pemuncak: Perusahaan ini menjadi yang pertama menyentuh valuasi pasar sebesar $3 triliun. 

 
Saham Apple melonjak selama pandemi, dan investor bertaruh pada rencana barunya seperti membuat mobil listrik.


Kelahiran legenda startup garasi

Apple didirikan oleh Steve Jobs dan teman sekelasnya di SMA, Steve Wozniak pada tahun 1976 di garasi keluarga Jobs. Itu adalah perusahaan komputer pertama yang sukses. Apple "go public" empat tahun kemudian dalam penawaran umum terbesar sejak debut Ford Motor pada tahun 1956. Akhir 1980, pembuat komputer itu berilai lebih tinggi dengan hampir $2 miliar daripada pembuat mobil ikonik Ford.


Kembali dari tepi jurang kebangkrutan

Terobosan Apple berikutnya datang dalam bentuk Macintosh, komputer dengan antarmuka pengguna grafis. Tetapi Mac dikritik karena kapasitas memori yang tidak memadai dan karena seperti mainan. Ini menyebabkan pemecatan Jobs pada 1985. Jobs kembali pada tahun 1997 untuk menyelamatkan perusahaan dari ambang kebangkrutan. Apple tidak pernah melihat ke belakang berkat produk seperti iPod dan iPhone.


Momentum dari iPhone

Produk Apple yang paling inovatif tetap iPhone, ponsel pertama yang mengemas pemutar musik, browser web, dan kemampuan email dalam satu perangkat. IPhone, memulai revolusi smartphone pada tahun 2007, mendorong bangkutnya pesaing seperti Motorola dan Blackberry, masih merupakan penghasil uang utama Apple dan merupakan inti dari rencana perusahaan untuk mengembangkan bisnis layanannya.
 

Miliarder baru di blok super kaya

Lonjakan valuasi Apple telah melambungkan Tim Cook, CEO perusahaan itu, ke dalam klub miliarder. Valuasi $ 3 triliun akan menjadi momen pembuktian bagi Cook, yang mengambil alih Apple tahun 2011 saat perusahaan bernilai sekitar $ 350 miliar di tengah keraguan apakah ia dapat meneruskan semangat pendahulunya untuk inovasi.
 
Yang menguntit di belakang Apple

Saingan Apple di sektor perusahaan teknologi Amerika, Microsoft, Alphabet dan Amazon juga telah mencatat kenaikan nilai saham selama pandemi, menguntit di belakangnya. Microsoft kini bernilai sekitar $2,5 triliun, masih terpaut $500 juta di belakang Apple. Alphabet bernilai sekitar $2 triliun dan Amazon memiliki kapitalisasi pasar hampir $1,75 triliun.
 
 
 

Tags: ,