fbpx
Nilai Simpanan Bitcoin Tesla Tumbuh Menjadi Rp 28 Triliun

Nilai Simpanan Bitcoin Tesla Tumbuh Menjadi Rp 28 Triliun

Tesla melaporkan bahwa nilai pasar wajar dari kepemilikannya atas Bitcoin pada 31 Desember adalah $ 1,99 miliar. Angka itu terungkap dalam pengajuan tahunan Tesla dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS.



Dalam pengajuan, perusahaan melaporkan bahwa, pada tahun yang berakhir 31 Desember 2021, tercatat sekitar $101 juta kerugian penurunan nilai akibat perubahan nilai Bitcoin, dan keuntungan $128 juta dari penjualan Bitcoin tertentu. Perusahaan menerima cryptocurrency untuk pembayaran produk-produknya selama beberapa bulan pada tahun 2021.

Tesla menginvestasikan agregat $ 1,5 miliar dalam Bitcoin pada kuartal pertama tahun 2021, menurut pengajuan sebelumnya. Pengarsipan tidak mengungkapkan tanggal pembelian tetapi, selama periode itu, harga mata uang digital berfluktuasi antara $29.405 pada awal Januari dan $61.177 pada pertengahan Maret. Pada tanggal 31 Desember 2021 harga Bitcoin berfluktuasi antara $45.700 dan $48.500. Menurut database dari perusahaan analitik crypto CoinGecko, Tesla memiliki 48.000 Bitcoin.

Tesla adalah pemegang Bitcoin terbesar kedua di dunia korporat, dengan yang terbesar adalah pembuat perangkat lunak intelijen bisnis yang berbasis di Virginia, MicroStrategy, yang memiliki lebih dari 121.000 Bitcoin senilai lebih dari $5 miliar, menurut CoinGecko.

CEO Tesla Elon Musk telah memengaruhi nilai Bitcoin dalam banyak kesempatan dengan memposting pesan di Twitter. Pada Januari tahun lalu, dia menambahkan #bitcoin ke bio Twitter-nya, yang membantu mendorong harga token naik sebanyak 20%. Dia juga mengatakan dia yakin token akan mendapatkan 'penerimaan luas' di bidang keuangan.

Namun, kemudian, dia melakukan U-turn pada cryptocurrency, menyuarakan keprihatinan tentang penggunaan energi dan biayanya terhadap lingkungan. Pada Mei tahun lalu, dia mengumumkan bahwa Tesla akan berhenti menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk produknya karena kekhawatiran tentang “peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang memiliki emisi terburuk dari bahan bakar apa pun.”

 

 
RT, Zid

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *