fbpx
Apakah Meta Zuckerberg Sedang Dirundung Banyak Masalah?

Apakah Meta Zuckerberg Sedang Dirundung Banyak Masalah?

Raksasa media sosial Meta telah menyampaikan pandangan suram dalam pendapatan pertamanya sejak menjalani rebranding besar-besaran pada akhir 2021. 

 
Perusahaan mengalami aksi jual yang mengejutkan minggu lalu karena sahamnya anjlok 26% dan nilai pasarnya anjlok lebih dari $230 miliar. 
 
Para ahli mengatakan Meta berada di tempat yang sulit dan lebih banyak masalah ada di depan.

Apa itu Meta?

Sebelumnya dikenal sebagai Facebook, Meta Platform Mark Zuckerberg menyatukan aplikasi dan teknologi, termasuk Facebook, Instagram, dan WhatsApp, di antara anak perusahaan lainnya, di bawah satu merek perusahaan baru. Zuckerberg mengumumkan penggantian nama pada bulan Oktober, dengan mengatakan perusahaan sedang bertransisi dari jejaring sosial menuju apa yang disebut dunia virtual metaverse.

Apa masalah terbesar Meta saat ini?

Meskipun Meta mencatat keuntungan sederhana dalam pengguna baru di semua aplikasinya, pertumbuhan mencapai batas tertinggi untuk aplikasi jejaring sosial Facebook intinya, yang telah kehilangan sekitar setengah juta pengguna selama tiga bulan terakhir tahun 2021, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Itu penurunan pertama bagi perusahaan dalam 18 tahun sejarahnya.

Bagaimana perubahan Apple memengaruhi Meta?

Pembuat iPhone baru-baru ini mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk keluar dari Eropa jika tidak diberi opsi untuk mentransfer, menyimpan, dan memproses data dari pengguna Eropa di server yang berbasis di AS. Masalahnya terkait dengan apa yang disebut pembaruan Transparansi Pelacakan Aplikasi yang diperkenalkan oleh Apple musim semi lalu ke sistem operasi selulernya. Pembaruan memungkinkan pemilik iPhone untuk memilih apakah mereka akan membiarkan aplikasi seperti Facebook memantau aktivitas online mereka. Perubahan Apple akan menelan biaya Meta $ 10 miliar pendapatan selama tahun depan, kata Meta.

Mengapa Meta kehilangan iklan dari Google?

Berbagi data antar negara dan wilayah sangat penting untuk penyediaan layanan Meta dan iklan bertarget. Perubahan Apple telah membuat pengiklan kurang melihat perilaku pengguna, sehingga banyak yang mulai mengalihkan anggaran iklan mereka ke platform lain, terutama Google. Tidak seperti Meta, Google tidak terlalu bergantung pada Apple untuk data pengguna. Perusahaan melaporkan rekor penjualan, terutama dalam iklan pencarian e-commerce. Meta menyebut keunggulan Google selama laporan pendapatan yang mengecewakan, mengklaim "Bisnis iklan pencarian Google bisa mendapat manfaat relatif terhadap layanan seperti milik kami yang menghadapi serangkaian batasan berbeda dari Apple."

Siapa pesaing utama Meta lainnya?

Jaringan ini menghadapi persaingan ketat dari platform saingan seperti TikTok dan YouTube Shorts. Sebagai tanggapan, Meta telah mengalihkan fokus ke video bentuk pendek seperti Reels, untuk mengikat orang dewasa muda. Zuckerberg mengatakan harus bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna dengan aplikasi media sosial lainnya – terutama, TikTok – merupakan kendala yang dapat menghambat pertumbuhan Facebook di masa depan.

Mengapa dunia realitas virtual Zuckerberg menghadapi serangan balik?

Dorongan Mark Zuckerberg ke Metaverse, dunia virtual yang dapat diakses melalui kacamata atau kacamata, telah menimbulkan banyak kritik. Para ahli mengatakan konsep tersebut memiliki masalah lama yang sama, seperti privasi. Salah satu investor paling awal Facebook, Roger McNamee, bahkan menyebut rencana raksasa media sosial itu untuk metaverse sebagai "dystopian," dengan mengatakan ada banyak informasi yang salah di platform. Zuckerberg mengatakan tahun lalu bahwa Meta perlu menginvestasikan miliaran dolar untuk tahun-tahun mendatang sebelum metaverse mencapai skala. Perusahaan telah menginvestasikan lebih dari $10 miliar pada tahun 2021.

Mengapa pemerintah menindak Meta?

Dalam beberapa tahun terakhir, Meta telah terlibat dalam berbagai kontroversi mengenai pelanggaran privasi, dan menghadapi penyelidikan antimonopoli di seluruh dunia. Mark Zuckerberg berpendapat bahwa Meta bukanlah monopoli jejaring sosial. Dia telah menunjuk dengan marah ke apa yang dia sebut "tingkat persaingan yang belum pernah terjadi sebelumnya," termasuk dari TikTok, Apple, Google, dan lawan masa depan lainnya. Regulator telah menangani perilaku antipersaingan Big Tech, dan ada tanda-tanda bahwa peraturan antimonopoli AS mungkin akan diperketat.

Apakah Meta dalam masalah?

Ukuran keruntuhan perusahaan induk Facebook menggambarkan betapa perusahaan teknologi telah membengkak menjadi raksasa dengan kekuatan pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata para analis, menunjuk pada drama yang dapat terjadi ketika mereka jatuh. Mereka menunjuk pada volatilitas yang telah mencengkeram sektor teknologi tahun ini, mencatat bahwa suasana di Wall Street telah berubah menjadi suram di pasar lama. Menurut beberapa analis, Meta berada di "tengah badai yang sempurna". Yang lain mengatakan bahwa "lukanya sangat dalam," menambahkan ini bisa menjadi "awal dari akhir."
 
 
  
RT, Zid

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *