fbpx
Berapa Banyak Uang 'Oligarki Rusia' Diputar di Inggris?

Berapa Banyak Uang 'Oligarki Rusia' Diputar di Inggris?

Inggris telah mempertimbangkan sanksi terhadap Rusia tetapi Menteri Luar Negeri Liz Truss mengatakan kepada BBC "ada masalah di masa lalu dengan keuangan gelap di London, yang harus kami selesaikan". Mengapa sulit untuk mengatasi masalah tersebut?



Berapa banyak uang 'Oligarki Rusia' yang ada di Inggris?

Banyak individu super kaya atau 'Oligarki Rusia' (dan dari seluruh dunia) berinvestasi secara sah di pasar keuangan dan properti Inggris.

Tetapi organisasi anti-korupsi Transparency International telah mengidentifikasi lebih dari £5 miliar properti yang dibeli di Inggris dengan apa yang dikatakan sebagai "kekayaan yang mencurigakan", seperlima di antaranya berasal dari Rusia.

Sebuah laporan Home Office mengatakan Inggris telah melihat "volume yang signifikan dari Rusia, atau keuangan gelap terkait Rusia", yang dihabiskan untuk hal-hal seperti properti mewah, mobil dan biaya sekolah, dan kadang-kadang sebagai sumbangan ke lembaga budaya, yang memungkinkan individu untuk "mencuci reputasi mereka".

Dalam hal properti, yang dapat dimiliki melalui perusahaan dan bukan atas nama individu, informasi terkadang tidak datang dengan mudah. Database Kepemilikan Perusahaan Luar Negeri untuk Inggris dan Wales mengatakan hanya empat dari 94.000 properti di mana pemilik sah yang terdaftar adalah perusahaan luar negeri, terdaftar sebagai milik perusahaan Rusia.

Tetapi ada kemungkinan bahwa lebih banyak lagi pembelian properti yang pada akhirnya dapat dimiliki oleh individu Rusia, menggunakan perusahaan yang berbasis di luar negeri di tempat-tempat seperti British Virgin Islands (BVI).

Skala penggunaan perusahaan-perusahaan ini terungkap dalam kebocoran besar hampir 12 juta dokumen yang dikenal sebagai Pandora Papers pada Oktober 2021.

Ini mengungkap kekayaan tersembunyi, penghindaran pajak dan, dalam beberapa kasus, pencucian uang oleh beberapa orang kaya dan berkuasa di dunia.

Para peneliti mengidentifikasi lebih dari 700 perusahaan lepas pantai yang memiliki properti Inggris, dan menemukan bahwa 5% di antaranya dimiliki oleh warga negara Rusia.

Salah satu contohnya adalah Alexei Chepa, seorang politisi dan pengusaha Rusia, yang menggunakan perusahaan BVI untuk membeli sebuah rumah besar dengan 10 kamar tidur di Holland Park pada tahun 2011 - itu dijual tahun lalu seharga £25 juta. Perwakilannya mengatakan pembelian "akan benar-benar mengikuti proses yang tepat seperti yang disarankan pada saat itu".

Mengapa Inggris menarik bagi investor Rusia?

London telah lama menjadi tujuan populer bagi orang kaya Rusia untuk menetap, atau untuk membeli properti dan investasi.

"Visa emas" Inggris - skema visa Tingkat 1 (Investor) - menawarkan tempat tinggal bagi mereka yang cukup kaya untuk menginvestasikan £2 juta atau lebih di Inggris, dan mengizinkan keluarga mereka untuk bergabung dengan mereka.

Pemegang visa ini kemudian dapat mengajukan permohonan izin tinggal permanen di Inggris. Seberapa cepat mereka dapat menerapkan tergantung pada ukuran investasi mereka:

  • Dua tahun dengan £10m
  • Tiga tahun dengan £5 juta
  • Lima tahun dengan investasi £2 juta


Home Office telah mengeluarkan 14.516 visa investor untuk warga Rusia sejak skema tersebut diperkenalkan pada tahun 2008.

Perusahaan-perusahaan Rusia juga telah mampu meningkatkan penjualan saham dalam jumlah besar di London Stock Exchange.

Sebuah perusahaan energi (En+ Group) adalah salah satu penerima manfaat tersebut. Pada saat penawaran umum perdana, perusahaan dikendalikan oleh Oleg Deripaska, rekanan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebuah laporan House of Commons pada tahun 2018 meminta pemerintah untuk menutup celah "dalam rezim sanksi yang memungkinkan perusahaan seperti En+ untuk mengapung di London Stock Exchange".

Apa tindakan pemerintah Inggris selama ini?

Pada tahun 2018, pemerintah Inggris memperkenalkan mekanisme untuk menyita properti tanpa terlebih dahulu mencari hukuman pidana.

Unexplained Wealth Orders (UWO) ini menempatkan tanggung jawab pada individu untuk membuktikan dari mana uang itu berasal untuk membeli properti.

Namun, UWO baru digunakan empat kali, dan hanya satu yang mengakibatkan penyitaan properti.

Pemerintah mengatakan pada tahun 2016 bahwa mereka memiliki rencana untuk memerangi pencucian uang melalui daftar komprehensif Beneficial Ownership untuk properti Inggris.

Kepemilikan manfaat mengacu pada orang yang pada akhirnya memiliki atau mengendalikan properti dan mendapat manfaat darinya.

Rencana ini disebutkan dalam Pidato Ratu 2019, tetapi pemerintah belum mengumumkan kapan akan mengajukan undang-undang.

Pemerintah Inggris mengatakan sanksi yang ada terhadap Rusia akan diperluas jika terjadi tindakan Rusia terhadap Ukraina.

Kantor Luar Negeri mengatakan langkah-langkah baru akan memungkinkan Inggris untuk bertindak "bersama dengan AS dan sekutu lainnya untuk membekukan aset dan melarang perjalanan".

Individu yang terkait dengan Kremlin akan menjadi sasaran, aset Inggris mereka akan dibekukan, dan mereka akan dilarang memasuki Inggris, dan tidak dapat melakukan bisnis dengan bisnis atau individu Inggris mana pun.

 
 

Reality Check team, BBC News

Tags: