fbpx
Mengapa Kerajaan Bisnis Meta Zuckerberg Dirundung Anjlok Melorot

Mengapa Kerajaan Bisnis Meta Zuckerberg Dirundung Anjlok Melorot

Setelah menjadi perusahaan terbesar keenam di dunia dengan nilai lebih dari $ 1 triliun, perusahaan induk Facebook Meta melorot dengan nilai $ 565 miliar. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, raksasa media sosial itu telah jatuh dari 10 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, dihantam oleh penurunan saham bulanan terburuk yang pernah ada.



Kekalahan saham telah menempatkan perusahaan Mark Zuckerberg di tempat ke-11 di belakang China Tencent Holdings. Raksasa chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) memegang tempat kesembilan. Daftar perusahaan paling berharga di dunia, berdasarkan kapitalisasi pasar, termasuk Apple, Microsoft, Aramco, Alphabet, Amazon, Tesla, Berkshire Hathaway, dan Nvidia.

Data menunjukkan bahwa nilai yang terhapus oleh aksi jual saham Meta melebihi kapitalisasi pasar semua kecuali delapan perusahaan di Indeks S&P 500. Harga saham Meta turun sekitar 40% year-to-date setelah perusahaan melaporkan dua minggu lalu bahwa platform media sosialnya Facebook kehilangan sekitar satu juta pengguna dari kuartal ketiga hingga kuartal keempat 2021. Itu penurunan pertama bagi perusahaan dalam 18 tahun sejarahnya.

Saham Meta anjlok 26,4% pada 3 Februari setelah perusahaan merilis prospek yang lebih lemah dari perkiraan. Kerugian $240 miliar dalam kapitalisasi pasar adalah kerugian satu hari terbesar dalam sejarah perusahaan AS. Kekayaan bersih pribadi CEO Mark Zuckerberg turun lebih dari $46 miliar dari awal tahun, dia saat ini bernilai $78,8 miliar.

Sejak itu, harga saham Meta telah memperpanjang kerugian, kehilangan 13% lagi hingga saat ini. Perusahaan telah memperingatkan bahwa sisa tahun ini akan menjadi tahun yang berombak karena berurusan dengan "tantangan ekonomi makro" dan melanjutkan pergeseran strategis jangka panjangnya "menuju pembangunan metaverse."

 

 
RT, Zid

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *