fbpx
Bitcoin Booming Saat Mata Uang Rusia Terkapar, Peran Apa yang Dimainkan Kripto?

Bitcoin Booming Saat Mata Uang Rusia Terkapar, Peran Apa yang Dimainkan Kripto?

Mata uang Rubel Rusia melemah terkapar dijepit sanksi ekonomi, Bitcoin dan mata uang digital lainnya booming, memicu spekulasi bahwa penggunaannya dapat membantu Moskow menerobos blokade ekonomi Barat.



Invasi Rusia ke Ukraina telah memicu sejumlah sanksi ekonomi dari banyak pemerintah di seluruh dunia, menghempaskan mata uang Rusia jatuh ke rekor terendah dan meningkatkan momok hiperinflasi.

Sementara itu, perdagangan crypto telah meningkat, dengan Ukraina menyerukan sumbangan dalam mata uang digital untuk mendukung upaya perangnya, dan sejauh ini mengumpulkan $35 juta (€31,5 juta), menurut perusahaan analisis blockchain Elliptic.

'Koin meme' bernilai lebih dari rubel

Kapitalisasi pasar Bitcoin di seluruh dunia sekarang melebihi rubel, menurut data dari CoinMarketCap.

Itu berarti bahwa semua Bitcoin yang diperdagangkan di seluruh dunia bernilai, bersama-sama, lebih dari semua rubel yang beredar di seluruh dunia.

Mata uang Rusia saat ini berada di peringkat ke-17 dalam nilai pasar, di belakang baht Thailand dan peso Meksiko.

Rubel sekarang bernilai bahkan lebih rendah dari Dogecoin, mata uang kripto yang awalnya dibuat sebagai lelucon yang mengolok-olok spekulasi liar seputar mata uang kripto.

Pada hari Rabu, wakil perdana menteri Ukraina Mykhailo Fedorov mengumumkan negaranya sekarang juga menerima sumbangan dalam Dogecoin, juga dijuluki "koin meme".