fbpx
Negara Mana Saja Pengimpor Minyak Rusia? Indonesia Impor Minyak Dari Mana?

Negara Mana Saja Pengimpor Minyak Rusia? Indonesia Impor Minyak Dari Mana?

Harga minyak telah melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina. Sanksi Barat kemungkinan akan mendorong harga minyak lebih tinggi lagi.



Pada 2019, dunia mengonsumsi 99,7 juta barel minyak per hari (mbpd), menurut Badan Energi Internasional. Amerika Serikat sendiri mengkonsumsi sekitar seperlima (20,48 mbpd) dari konsumsi minyak harian dunia, diikuti oleh China (13,07 mbpd), dan India (4,84 mbpd).

Negara mana yang paling banyak menghasilkan minyak?


Pusat produksi minyak dunia adalah OPEC yang terdiri dari 13 negara yang secara kolektif memiliki sekitar 80 persen cadangan minyak mentah dunia yang terbukti.

Cadangan minyak bumi terbesar di antara negara-negara non-OPEC adalah Rusia dan AS.

Negara-negara anggota OPEC memproduksi sekitar 40 persen minyak mentah dunia dan mewakili sekitar 60 persen dari total minyak yang diperdagangkan secara internasional, menurut Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat.

Pada tahun 2020, 10 produsen minyak terbesar di dunia adalah AS (18,61 mbpd), Arab Saudi (10,81 mbpd), Rusia (10,5 mbpd), Kanada (5,23 mbpd) dan China (4,86 mbpd).

 
Dari mana Indonesia mengimpor minyak?
 
Badan Pusat Statikstik (BPS) mencatat, 41% impor minyak mentah Indonesia datang dari Arab Saudi pada 2020. Posisi kedua ditempati Nigeria 29,4%.

Kontribusi impor minyak mentah dari Australia dan Aljazair masing-masing sebesar 14,2% dan 5%. Selain itu, Indonesia memiliki alternatif membeli minyak mentah dari Iran, Amerika dan Rusia jika dibutuhkan.

Negara mana saja pembeli minyak Rusia?

China membeli sekitar seperempat (27 persen) dari total ekspor minyak Rusia senilai $34 miliar. Namun, mengingat kebutuhan energi China yang sangat besar, ini hanya mencakup 16 persen dari impor minyak negara itu.

Setidaknya 48 negara mengimpor minyak mentah Rusia pada 2019. Negara-negara yang paling bergantung pada minyak Rusia antara lain: Belarus, Kuba, Curacao, Kazakhstan, Latvia.

Grafik di bawah ini menunjukkan berapa banyak dari total impor minyak mentah masing-masing negara berasal dari Rusia.
 
Al Jazeera, Databox, Zid World

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *