fbpx
Meta akan Luncurkan Mata Uang Virtual 'Zuck Bucks'

Meta akan Luncurkan Mata Uang Virtual 'Zuck Bucks'

Perusahaan induk Facebook, Meta, akan meluncurkan mata uang virtual "Zuck Bucks" dan layanan pinjaman melalui platformnya: Facebook, Instagram dan WhatsApp.



Menurut Financial Times, Meta sedang dalam tahap awal memperluas jangkauan produk keuangan yang ditawarkannya kepada pengguna aplikasi dan layanannya, yang meliputi Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Lengan keuangan perusahaan, Meta Financial Technologies, telah mengeksplorasi token digital untuk digunakan sebagai bagian dari poros keseluruhan ke metaverse, FT melaporkan.

Kontrol atas mata uang kepemilikan juga dapat memberi perusahaan sumber pendapatan tambahan karena bisnis media sosial intinya, berbasis iklan, tampaknya melambat.

Saham Meta anjlok lebih dari 20 persen pada Februari setelah mengumumkan penurunan kuartalan pertama dalam pengguna Facebook aktif, menjatuhkan hampir $200 miliar (€177 miliar) dari penilaian perusahaan.

Paket NFT Facebook

Sumber yang terkait dengan rencana Meta mengatakan kepada FT bahwa produk akhir perusahaan tidak mungkin menjadi cryptocurrency berbasis blockchain. Sebagai gantinya, sistem penghargaan "token reputasi" atau "token sosial" untuk kontribusi positif ke grup Facebook, serta "koin pembuat" untuk influencer sedang dipertimbangkan.

Seorang juru bicara Meta menolak untuk merinci rencana perusahaan, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka "tidak memiliki pembaruan untuk dibagikan hari ini," dan menambahkan bahwa perusahaan tersebut fokus pada pembangunan untuk metaverse "dan itu termasuk seperti apa pembayaran dan layanan keuangan".

Meta memiliki pengalaman menyakitkan sebelumnya dengan mata uang digital. Libra, upaya Facebook 2019 untuk membangun crypto stablecoin, berakhir dengan kegagalan setelah mengalami reaksi regulasi dan komersial.

Proyek Libra - berganti nama menjadi "Diem" - diturunkan oleh perusahaan awal tahun ini.

Namun, perusahaan tidak menjauhkan diri dari blockchain sepenuhnya.

CEO Zuckerberg mengatakan bulan lalu bahwa Instagram akan memperkenalkan token non-fungible (NFT) dalam "jangka dekat". Facebook juga akan memulai skema percontohan untuk memposting dan berbagi NFT di platformnya pada bulan Mei, FT melaporkan.

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *