fbpx
Mick Jagger 79 Tahun, Masih Sanggup Jingkrak Ngerock

Mick Jagger 79 Tahun, Masih Sanggup Jingkrak Ngerock

Mick Jagger yang bernama lengkap Michael Philip Jagger lahir pada 26 Juli 1943, dedengkot kelompok band The Rolling Stones umurnya 79 tahun masih sanggup jingkrak ngerock.

 

Melansir laporan The Daily Telegraph, disebutkan bahwa Jagger sudah mengenal dunia musik sejak kecil. Ketika ia masih kecil, ia banyak mendengarkan rekaman musik Blues dan R&B. Ketika ia berusia 14 tahun, ia mendapatkan gitar pertamanya. Berbekal gitar pertama tersebut, ia bersama Dick Taylor membentuk sebuah band yang diberi nama Little Boy Blue and Blue boys. Dalam band tersebut, Jagger mengisi posisi sebagai vokalis.

Pada 1960, Jagger menempuh studi di London School of Economics (LSE). Bebarengan dengan studinya LSE, Jagger melanjutkan proyek bandanya dan ia bertemu dengan Keith serta memasukannya ke dalam band yang ia bentuk. Persahabtannya dengan Keith yang banyak diisi dengan menonton konser musik membuat keduanya bertemu dengan Brian Jones dan mengajaknya bergabung ke dalam projek band tersebut.

Pada 12 Juli 1962, Jagger mengubah nama band tersebut menjadi The Rolling Stones dan merekrut Brian sebagai gitaris. Pada 1963, Taylor yang mengisisi posisi bassis keluar dan diganti oleh Bill Wyman. Posisi pianis diisi oleh Ian Stewart.

Sebelum sukses dengan album perdananya, The Rolling Stones merupakan band cover yang sukses menduduki tangga lagu Inggris pada 1964. Ketika itu, The Rolling Stones melakukan cover lagu It's All Over Now dan di tahun yang sama The Rolling Stones merilis EP pertama mereka dengan tajuk Five by Five.

 

Mick Jagger paling senang menunjukkan wajahnya dalam pose-pose "unik". Kini dalam usia tua dia tetap sanggup berjingkrak ngerock seperti pada masa mudanya. Lihat nih videonya

 

Sejak lebih setengah abad, wajah Mick Jagger menyatu dengan The Rolling Stones sebagai simbol kebinalan panggung dan energi yang tak pernah pudar.

The Rolling Stones adalah salah satu band rock tertua yang masih aktif di atas panggung. Usia rata-rata anggotanya diatas 70 tahun. Wajah mereka sekarang penuh guratan. Namun energi mereka seperti tidak pernah habis. Tahun 2016 mereka mengeluarkan album "Blue and Lonesome" dan kembali ke musik Blues, akar musik kelompok ini.


Dimulai dengan Rhythm & Blues

Mick Jagger dan Keith Richards sudah saling kenal sejak masa sekolah. 1962 mereka mendirikan band Rolling Stones. Konser pertama digelar di London dengan formasi: Tony Chapman - drum, Dick Taylor - bass, Ian Stewart - piano. Formasi ini tidak bertahan lama. Album rekaman pertama "The Rolling Stones" dikeluarkan 1964 dengan formasi: Brian Jones - gitar, Bill Wyman - bass dan Charlie Watts - drum.


Masa-masa liar Rock 'n' Roll

Gaya hidup mereka mewakili masa-masa liar tahun 1960-an. Musik rock, gonta-ganti pasangan, narkoba dan alkohol menjadi citranya. Gitaris Brian Jones kemudian sakit karena kecanduan narkoba dan keluar dari band tahun 1969. Tak lama sesudah itu dia ditemukan tak bernyawa di kolam renangnya.


Era Hippies berakhir

Dalam konser di Altamont tahun 1969, seorang anggota geng motor Hells Angel menikam seorang fans dari belakang berkali-kali sampai mati. Anggota band mengalami syok. Namun akhirnya mereka melanjutkan konser sampai berakhir. Fotograf Inggris Eamon McCabe menulis: "Altamont adalah mimpi buruk". Itulah juga akhir era hippies.


Ngerock sampai tua

dw/zid