fbpx
Kisah Twitter yang Awalnya Layanan SMS Gratis

Kisah Twitter yang Awalnya Layanan SMS Gratis

Twitter muncul dari usaha podcasting Odeo, yang didirikan pada tahun 2004 oleh Evan Williams, Biz Stone, dan Nuh Glass. Sebelumnya Williams dan Stone bekerja di Google, sedangkan Williams telah menciptakan alat pembuat Web populer Blogger.



Apple mengumumkan pada tahun 2005 bahwa mereka akan menambahkan podcast ke aplikasi media digitalnya iTunes, dan kepemimpinan Odeo merasa bahwa perusahaan tersebut tidak dapat bersaing dengan Apple dan arah baru diperlukan. Karyawan Odeo ditanya tentang proyek sampingan menarik yang mereka miliki, dan insinyur Jack Dorsey mengusulkan layanan pesan singkat (SMS) di mana seseorang dapat mengirim kabar singkat seperti blog dengan teman-teman.

Glass mengusulkan nama Twttr. Dorsey mengirim tweet pertama pada 21 Maret 2006, dan versi lengkap Twitter memulai debutnya pada Juli 2006.

Melihat masa depan produk tersebut, pada Oktober 2006 Williams, Stone, dan Dorsey membeli Odeo dan memulai Obvious Corp. untuk mengembangkannya lebih lanjut. Minat pada platform meningkat tajam setelah dipresentasikan pada konferensi musik dan teknologi South by Southwest di Austin, Texas, pada Maret 2007.

Bulan berikutnya Twitter, Inc., dibuat sebagai entitas korporat. Berkat infus modal ventura, Dorsey menjadi chief executive officer (CEO) pertama Twitter. Pada tahun 2008 Williams menggulingkan Dorsey sebagai CEO, dan dua tahun kemudian Williams digantikan sebagai CEO oleh chief operating officer Dick Costolo.

Sejak awal, Twitter pada dasarnya adalah SMS gratis dengan elemen jejaring sosial. Dengan demikian, ia tidak memiliki aliran pendapatan yang jelas yang dapat ditemukan di situs yang memperoleh pendapatan dari iklan spanduk atau biaya keanggotaan. Dengan jumlah pengunjung unik yang meningkat sekitar 1.300 persen pada tahun 2009, jelas bahwa Twitter lebih dari sekadar keingintahuan.

Namun, dalam setahun itu melihat raksasa jejaring sosial Facebook menghasilkan keuntungan hanya untuk pertama kalinya, tidak jelas apakah Twitter dapat mencapai kemandirian finansial dari investor modal venturanya. Pada bulan April 2010 Twitter meluncurkan “Tweet Promosi”, sebuah iklan yang akan muncul di hasil pencarian sebagai sumber pendapatan utama yang dimaksudkan.

Belakangan tahun itu, Twitter juga mengumumkan Tren Promosi yang menempatkan konten yang dipromosikan di antara tren lainnya, dan Akun Promosi, yang menempatkan akun yang dipromosikan dalam daftar akun yang disarankan yang mungkin ingin diikuti pengguna.

Namun, mungkin langkah paling penting dalam evolusi Twitter adalah peningkatan penggunaannya sebagai alat untuk jurnalis. Twitter menjelma menjadi sumber berita terkini yang melampaui batas-batas politik. Pada tanggal 15 Januari 2009, sebuah tweet oleh penumpang feri komuter Janis Krums memecahkan kisah keberhasilan pendaratan air US Airways penerbangan 1549 di Sungai Hudson di New York City.

Gambar kamera ponsel yang diambil dengan tergesa-gesa dari penumpang yang turun dari pesawat yang setengah tenggelam diunggah ke Twitpic.com, layanan hosting foto untuk pengguna Twitter. Bahkan situs tersebut segera mogok karena ribuan pengguna Twitter mencoba untuk melihatnya sekaligus.

 

tempo. zidworld

Tags: