Menjawab Pertanyaan Tentang Komputer Kuantum yang Bakal Mengubah Dunia

Komputer kuantum dapat membuat hampir semua protokol keamanan data menjadi usang. Perangkat yang sangat kuat ini, sebuah teknologi baru yang mengeksploitasi sifat-sifat mekanika kuantum.

Kuantum adalah bidang ilmu yang mempelajari sifat fisik alam pada skala atom dan partikel subatomik.

Pendukung teknologi kuantum mengatakan mesin ini dapat mengantarkan kemajuan pesat di bidang-bidang seperti penemuan obat dan ilmu material - prospek yang menggantungkan kemungkinan menggiurkan untuk menciptakan, misalnya, baterai kendaraan listrik yang lebih ringan, lebih efisien, atau bahan yang dapat memfasilitasi penangkapan CO2 yang efektif. .

Dengan ancaman krisis iklim, dan teknologi dengan harapan untuk memecahkan masalah kompleks seperti ini pasti akan menarik minat.

Maka tidak heran, bahwa beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia - Google, Microsoft, Amazon, dan, tentu saja, IBM untuk beberapa nama - berinvestasi besar-besaran di dalamnya dan memancing untuk mempertaruhkan tempat mereka di masa depan kuantum.

Bagaimana cara kerja komputer kuantum?

Mengingat mesin yang terdengar utopik ini menarik minat yang begitu besar, mungkin akan berguna untuk memahami cara kerjanya dan apa yang membedakannya dari komputasi klasik.

Ambil setiap perangkat yang kita miliki saat ini - mulai dari smartphone di saku kita hingga superkomputer kita yang paling kuat. Ini beroperasi dan selalu beroperasi dengan prinsip kode biner yang sama.

Pada dasarnya, chip di komputer kita menggunakan transistor kecil yang berfungsi sebagai sakelar hidup/mati untuk memberikan dua kemungkinan nilai, 0 atau 1, atau dikenal sebagai bit, kependekan dari digit biner.

Bit-bit ini dapat dikonfigurasi menjadi unit yang lebih besar dan lebih kompleks, pada dasarnya string panjang 0 dan 1 yang disandikan dengan perintah data yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan: menampilkan video; tampilkan posting Facebook; memutar mp3; membiarkan Anda mengetik email, dan sebagainya.

Mesin ini berfungsi dengan cara yang sama sekali berbeda. Di tempat bit di komputer klasik, unit dasar informasi dalam komputasi kuantum adalah apa yang dikenal sebagai bit kuantum, atau qubit. Ini biasanya partikel subatomik seperti foton atau elektron.

Kunci kekuatan komputasi canggih mesin kuantum terletak pada kemampuannya untuk memanipulasi qubit ini.

"Qubit adalah sistem kuantum dua tingkat yang memungkinkan Anda menyimpan informasi kuantum," Ivano Tavernelli, pemimpin global untuk algoritme canggih untuk simulasi kuantum di IBM Research Lab di Zurich, menjelaskan kepada Euronews Next.

"Alih-alih hanya memiliki dua tingkat nol dan satu yang akan Anda miliki dalam perhitungan klasik di sini, kita dapat membangun superposisi dari dua keadaan ini," tambahnya.

Superposisi

Superposisi dalam qubit berarti bahwa tidak seperti sistem biner dengan dua kemungkinan nilainya, 0 atau 1, qubit dalam superposisi dapat berupa 0 atau 1 atau 0 dan 1 pada saat yang bersamaan.

Dan jika Anda tidak bisa memahaminya, analogi yang sering diberikan adalah satu sen.

Ketika diam satu sen memiliki dua wajah, kepala atau ekor. Tapi kalau dibalik? Atau memutarnya? Di satu sisi, itu adalah kepala dan ekor pada saat yang sama sampai mendarat dan Anda bisa mengukurnya.

Dan untuk komputasi, kemampuan untuk berada di beberapa status pada saat yang sama berarti Anda memiliki jumlah status yang jauh lebih besar untuk menyandikan data, menjadikan komputer kuantum secara eksponensial lebih kuat daripada komputer kode biner tradisional.

Mengapa kita membutuhkan komputer kuantum?

Jadi, singkatnya memang disederhanakan, ini adalah blok bangunan bagaimana komputer kuantum bekerja.

Tetapi sekali lagi, mengapa kita membutuhkan mesin yang sangat kuat ketika kita sudah memiliki superkomputer?

"Komputer kuantum akan membuat, jauh lebih mudah, simulasi dunia fisik," katanya.

"Komputer kuantum akan dapat mensimulasikan dunia kuantum dengan lebih baik, jadi simulasi atom dan molekul".

Ini akan memungkinkan komputer kuantum membantu dalam desain dan penemuan material baru dengan properti yang disesuaikan.

“Jika saya dapat merancang bahan yang lebih baik untuk penyimpanan energi, saya dapat memecahkan masalah mobilitas. Jika saya dapat merancang bahan yang lebih baik sebagai pupuk, saya dapat memecahkan masalah kelaparan dan produksi pangan. Jika saya Saya mampu merancang material baru yang memungkinkan [kita] melakukan penangkapan CO2, saya mampu menyelesaikan masalah perubahan iklim," ujarnya.

euronews