Boleh Nih Ditiru, Satu Negara Punya Tiga Ibu Kota: Republik Afrika Selatan

Boleh Nih Ditiru, Satu Negara Punya Tiga Ibu Kota: Republik Afrika Selatan

Share

Republik Afrika Selatan negerinya Nelson Mandela ini bertetangga dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. 


Dulunya pemerintahan negara ini dikecam dunia karena politik 'apartheid'nya tetapi sekarang Afrika Selatan adalah sebuah negara demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika. Afrika Selatan juga merupakan negara dengan berbagai macam bangsa dan mempunyai 11 bahasa resmi. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia.

 
Uniknya, negara ini punya tiga ibu kota:

Ibu kota Pretoria diisi oleh lembaga eksekutif
 
Balai Kota Pretoria. 

Terletak di wilayah utara Afrika Selatan atau sekitar 50 kilometer dari kota Johannesburg, Pretoria adalah kota yang ditempati oleh lembaga eksekutif negara seperti presiden dan jajaran menterinya yang ada di kabinet.

Bukan hanya rumah untuk Presiden, kota yang berpenduduk 1,3 juta jiwa ini juga merupakan tempat kementerian berada serta kedutaan besar negara sahabat.
 
Ibu kota Cape Town dihuni oleh lembaga legislatif 
 
Balai Kota Cape Town 

Dibandingkan dengan Pretoria mungkin Anda lebih familiar dengan kota Cape Town. Kota yang pernah jadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia di tahun 2010 ini menjadi rumah bagi lembaga legislatif seperti DPR, DPD dan MPR Afrika Selatan.

Posisinya ada di sebelah barat daya yang langsung berhadapan dengan samudera Atlantik. Jumlah penduduknya mencapai 3,7 juta jiwa atau terbanyak kedua setelah Johannesburg dengan populasi 4,4 juta jiwa.

Ibu kota Bloemfontein jadi rumah bagi lembaga yudikatif
Bloemfontein, tempat berkantornya lembaga yudikatif. 

Yang terakhir ada Bloemfontein yang posisinya ada di tengah atau di antara kota Pretoria dan Cape Town. Para pegawai negeri yang bekerja di lembaga yudikatif seperti Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial menghabiskan banyak waktunya di sini.

Populasi penduduknya menjadi yang paling sedikit dibandingkan dengan Pretoria dan Cape Town yakni hanya 664 ribu jiwa saja. 
 
 
moneysmartid - Zamane

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *