fbpx
Bagi Kaum Miskin Kelaparan Lebih Mematikan Daripada Virus Corona

Bagi Kaum Miskin Kelaparan Lebih Mematikan Daripada Virus Corona

"Kita dapat perhitungkan bahwa jumlah orang yang kelaparan akan meningkat jadi lebih dari satu miliar," ujar Mathias Mogge, Sekretaris Jenderal Welthungerhilfe, organisasi yang membantu penyediaan pangan bagi kaum miskin di dunia.



Sebagai dampak dari pandemi COVID-19, dalam jangka panjang dunia akan butuh jauh lebih banyak sumber daya untuk memerangi kelaparan, kemiskinan dan rendahnya pendidikan.

Di berbagai belahan dunia, orang-orang yang paling rentan telah kehilangan peluang untuk mendapatkan penghasilan dan buruh harian yang tidak lagi bisa bekerja akibat wabah corona ini.

"Bagi mereka, risiko kematian akibat kelaparan justru lebih mengancam daripada akibat virus itu sendiri," kata Mogge pada peluncuran laporan yang ditulis Welthungerhilfe bersama organisasi Terres des Hommes.

Ratusan juta anak-anak berisiko hidup dalam kemiskinan ekstrem

Birte Kötter dari organisasi kemanusiaan Terre des Hommes mengatakan bahwa selepas pandemi COVID-19 akan ada risiko bahwa anak-anak akan bertumbangan. Menurutnya, anak-anak mendapatkan terlalu sedikit perlindungan dan dukungan dalam bidang kerja sama pembangunan.

Birte Kötter pun mencontohkan bahwa hanya sebelas persen dari dana kerja sama ini yang mengalir ke bidang pendidikan, meskipun jelas bahwa pendidikan dapat mengurangi kemiskinan anak. 

 
Diperkirakan ratusan juta anak di seluruh dunia akan terjerumus ke dalam jurang kemiskinan ekstrem akibat wabah corona.
 
Bagaimana di Indonesia?
 
 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *