Thank God for the Coronavirus, Kata Imam Masjid di California

Thank God for the Coronavirus, Kata Imam Masjid di California, AS

Seorang iman di sebuah masjid di California membuat judul menggelitik dalam khotbah Jumatnya: “Thank God for the coronavirus.” Judul itu memicu perbincangan, terutama mereka yang mempertanyakan eksistensi Tuhan pada saat mereka menghadapi wabah virus corona, dan apa peran Tuhan dalam wabah ini.



Omar Ricci, seorang imam di Islamic Center of Southern California, mengejutkan banyak Muslim. Ia memberi judul khotbah shalat Jumat-nya “Thank God for the coronavirus.” Tak sedikit yang bertanya-tanya: apa maksudnya?

Dalam penjelasannya kepada media ia mengatakan, judul khotbahnya itu semata untuk mengingatkan para pengunjung masjid itu bahwa virus corona adalah sebuah peringatan. Ia tidak bermaksud mensyukuri bahwa dunia kini dilanda wabah virus itu.

Virus corona yang mewabah di dunia, katanya, mengingatkan manusia bahwa ada sebuah kekuatan lain di luar kontrol manusia dan bahwa manusia akan selalu bergantung pada Allah. Singkatnya, kata Ricci, “Lewat virus corona, Tuhan mengingatkan manusia bahwa mereka rapuh.”

Ricci adalah salah satu dari banyak pemimpin keagamaan di berbagai penjuru dunia yang mencoba mengarahkan para pengikutnya untuk melalui masa pandemi virus corona yang tidak menentu ini, yang telah menewaskan ratusan ribu orang dan melumpuhkan ekonomi dunia.

Seperti banyak pemimpin keagamaan lain, Ricci sering dihadapkan pada pertanyaan: Apakah virus corona dikirim Tuhan sebagai hukuman bagi manusia? Ia sendiri memiliki jawaban bahwa ini bukan hukuman dan malah mengajak Muslim justru berusaha semakin mendekatkan diri pada Tuhan di masa sulit ini.

Dalam perspektif Ricci, virus corona tidak hanya ujian, melainkan juga faktor untuk meningkatan keimanan. “Masa sulit adalah masa di mana manusia mempraktikan ajaran agamanya,” ujarnya.

 

 
Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *