Top.Mail.Ru
Gli, Kucing Penunggu Hagia Sophia di Istanbul yang Ngetop

Gli, Kucing Penunggu Hagia Sophia di Istanbul yang Ngetop

Gli, seekor kucing penunggu Hagia Sophia di Istanbul, Turki, tak kalah tenar dengan tempat tinggalnya. Ia memiliki sangat banyak penggemar. Pihak berwenang Turki memastikan Hagia Sophia dapat tetap sebagai rumah Gli.



Berapa umur Gli? Pada tahun 2009 Presiden AS Barack Obama terlihat membelai kucing bermata hijau itu di Hagia Sophia saat kunjungan kenegaraan ke Turki.



Adanya keputusan untuk mengubah fungsi Hagia Sophia dari sebuah museum menjadi masjid, menimbulkan tanda tanya bagi orang-orang Turki di media lokal maupun media sosial: apakah Gli harus pindah? Pihak berwenang Turki memastikan Hagia Sophia dapat tetap sebagai rumah Gli.

Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Tayyip Erdogan, mengatakan kepada Reuters bahwa Gli, serta semua kucing lain di situ, akan tetap di tempatnya.

"Kucing itu akan tetap ada di sana, dan semua kucing dipersilakan ke masjid kami,” katanya.

Berita tersebut sangat menggembirakan bagi Umut Bahceci, seorang pemandu wisata yang membuat akun Instagram untuk Gli empat tahun lalu dan sekarang memiliki lebih dari 48 ribu pengikut. Akun itu diisi dengan foto-foto kucing.

"Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya pergi (ke Hagia Sophia) karena Gli berpose untuk orang-orang seperti model," katanya kepada Reuters. "Saya mendapat pesan seperti,‘ Gli, kami akan datang ke Istanbul untuk menemui Anda. ’Ini benar-benar perasaan yang sangat menyenangkan."
 
 
Tags: , ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *