Jepang Bikin Masker Pintar yang Bisa Terjemahkan 8 Bahasa Termasuk Bahasa Indonesia

Jepang Bikin Masker Pintar yang Bisa Terjemahkan 8 Bahasa Termasuk Bahasa Indonesia

Startup Jepang Donut Robotics membuat masker pintar dengan teknologi tinggi yang dirancang untuk membuat komunikasi dan jarak sosial lebih mudah.



Dihubungkan dengan suatu aplikasi, masker C-Face Smart dapat menuliskan ucapan, memperkuat suara pemakai, dan menerjemahkan ucapan ke dalam delapan bahasa yang berbeda.

Bolongan di bagian depan sangat penting untuk pernapasan, sehingga masker pintar itu tidak menawarkan perlindungan terhadap virus corona. Sebaliknya, itu dirancang untuk dikenakan di atas masker wajah standar, ujar CEO Donut Robotics Taisuke Ono.

 

Terbuat dari plastik putih dan silikon, masker itu memiliki mikrofon tertanam yang menghubungkan ke smartphone pemakai melalui Bluetooth. Sistem ini dapat menerjemahkan bahasa Jepang dan Cina, Korea, Vietnam, Indonesia, Inggris, Spanyol, dan Prancis.


Donut Robotics pertama kali mengembangkan perangkat lunak terjemahan untuk robot bernama Cinnamon - tetapi ketika pandemi melanda, proyek robot itu tertahan. Saat itulah para insinyur tim muncul dengan ide untuk menggunakan perangkat lunak mereka dalam masker wajah.

 


CNN, Tempo, Reuters, Zid

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *