Dibeking AS Taiwan Sudah Siap Perang Tapi China Belum Berani Menyerang

Dibeking AS Taiwan Sudah Siap Perang Tapi China Belum Berani Menyerang

Taiwan mengecam manuver-manuver China dengan menerbangkan jet-jet tempur di Selat Taiwan, sebagai usaha mengintimidasi.


Menteri Pertahanan Taiwan Yen De-fa mengatakan, “Pemerintah komunis China terus melangsungkan aksi provokasi terhadap Taiwan, namun saat ini belum ada tanda-tanda mereka siap melancarkan perang skala penuh,” kata Yen.

Pernyataan Yen itu disampaikan menyusul berlangsungnya kembali latihan militer China dekat wilayah Taiwan.

Menurut Yen, salah satu isyarat serangan akan terjadi adalah jika ada peningkatan signifikan jumlah tentara China di sepanjang pantai timurnya. Namun, katanya, sejauh ini, itu tidak terjadi.

Lebih lanjut Yen mengatakan, pasukan Taiwan dalam kondisi siap tempur. Ia bersumpah pasukannya akan membela mati-matian kedaulatan dan demokrasi Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pasukan bersenjata Taiwan siap untuk membela diri dan melancarkan serangan balik dalam menghadapi ancaman dan intimidasi China.

 

Sementara itu, Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) menegaskan Amerika Serikat berkomitmen untuk mendukung pertahanan Taiwan melawan China. "Kami akan memenuhi kewajiban di bawah Undang Undang Hubungan Taiwan," kata sekretaris pers Pentagon, John Kirby, kepada wartawan.

 

Dalam Undang Undang Hubungan Taiwan, AS berkewajiban memasok senjata pertahanan ke Taiwan, dan merespon setiap serangan kepada Taiwan akan dianggap sebagai "urusan genting" bagi AS.

 

AS Siap Dukung Taiwan Melawan China

 

Taiwan Unjuk Kekuatan Militernya

 
 
VOA News - SCMP
Tags:

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *