Negara yang Hampir Tenggelam ini Menyelamatkan Diri dengan Membangun Pulau Buatan

Negara yang Hampir Tenggelam ini Menyelamatkan Diri dengan Membangun Pulau Buatan

Tidak ada negara lain yang menghadapi ancaman lingkungan seperti Maladewa alias Maldives akibat perubahan iklim.


Lebih dari 80% dari 1.200 pulau yang dimilikinya berada kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Air laut yang naik akan mengancam keberadaannya.

Tapi warga Maladewa bertekad untuk melawan dan melestarikan keberadaan mereka - dengan menciptakan kota abad ke-21, yang dijuluki "Kota Harapan", di pulau buatan baru yang diberi nama Hulhumalé.

Menggunakan jutaan meter kubik pasir yang dipompa dari dasar laut, pulau baru itu berada lebih dari dua meter di atas permukaan laut.

 
Lihat videonya



"Hulhumalé sedang dikembangkan melalui pertimbangan perubahan iklim yang cermat, baik untuk arsitekturnya juga komunitasnya," kata Areen Ahmed, direktur pengembangan bisnis di Housing Development Corporation (HDC) yang mengawasi "Kota Harapan".

"Bangunan berorientasi utara-selatan untuk mengurangi panas dan meningkatkan kenyamanan termal. Jalan-jalan dirancang untuk mengoptimalkan penetrasi angin, mengurangi ketergantungan pada AC. Sekolah, masjid, dan taman berada dalam jarak 100-200 meter dengan berjalan kaki sehingga mampu mengurangi penggunaan mobil."

Bus listrik dan jalur sepeda juga merupakan bagian dari lanskap kota baru.

Perencana Hulhumalé juga bertujuan untuk menggunakan sekitar sepertiga energinya dari tenaga surya dan memanen air hujan untuk meningkatkan pasokan air.

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *