Menhan AS Sebut Ingin Gandeng Indonesia untuk Menangkal China

Menhan AS Sebut Ingin Gandeng Indonesia untuk Menangkal China

Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyampaikan inisiatif koalisi baru (20/10) untuk memperkuat dan memperluas aliansi AS guna melawan China dan Rusia.

 
Dilansir AFP dan Channel News Asia (21/10) Esper menggarisbawahi perlunya untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan "negara demokrasi yang berpikiran sama seperti Indonesia dan India." Mark Esper merujuk pada pertemuan dengan Menhan RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Senin (19/10) di Pentagon, Washington DC. "Mereka mengakui apa yang sedang dilakukan China," katanya.

Esper mengatakan, Pentagon akan secara sistematis memantau dan mengelola hubungannya dengan negara-negara mitra, yang bertujuan untuk menemukan cara untuk mengoordinasikan militer dan juga untuk memajukan penjualan senjata AS.

Inisiatif itu disebut Panduan Pembangunan untuk Aliansi dan Kemitraan (GDAP)

"Jaringan sekutu dan mitra Amerika memberi kita keuntungan asimetris yang tidak dapat ditandingi oleh musuh kita," kata Esper, menyebut jaringan itu "tulang punggung tatanan berbasis aturan internasional."

Menurut Esper, bagian penting dari upaya ini adalah untuk memperluas penjualan senjata AS, untuk membantu sekutu meningkatkan kemampuan pertahanan dan untuk meningkatkan industri pertahanan AS melawan persaingan dari Moskow dan Beijing. "Kita harus bersaing dengan China dan Rusia yang industri milik negaranya dapat mempercepat ekspor militer dengan cara yang kita tidak bisa, dan kita tidak pernah mau, dalam banyak kasus."

Esper menyinggung, China menggunakan paksaan dan perangkap keuangan untuk membangun aliansi dengan negara-negara lemah, seperti Myanmar, Kamboja, dan Laos. "Semakin kecil negara dan semakin besar kebutuhannya, semakin berat tekanan dari Beijing," katanya.
 
 
Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *