fbpx
Perempuan Indonesia yang Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Desa-desa Terpencil

Perempuan Indonesia yang Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Desa-desa Terpencil

Tri Mumpuni dijuluki perempuan listrik dan mendapat ragam penghargaan internasional karena dianggap menjadi pahlawan yang menerangi desa terpencil. Ia membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di 65 desa.



Keluar masuk desa selama 30 tahun

Tri Mumpuni awalnya sering keluar masuk desa bersama suaminya Iskandar Budisaroso Kuntoadji untuk melihat sumber air yang melimpah. Namun, dari sana mereka mengalami secara langsung, banyak desa yang belum mendapat akses listrik dari PLN, padahal umumnya desa di Indonesia punya potensi berlimpah, yakni air.


Teknologi sederhana untuk produksi listrik

Menurut perempuan kelahiran 1964 itu, selain berlimpah, posisi geografis desa di Indonesia umumnya cocok untuk mengembangkan PLTMH. Dengan memanfaatkan sungai yang memiliki perbedaan ketinggian, air bisa dialirkan untuk menggerakkan turbin yang tersambung ke generator. Dengan teknologi sederhana ini, Tri Mumpuni sudah membangun setidaknya 65 PLTMH di desa-desa terpencil.


Masa depan warga desa juga ikut terang

Melalui Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), lulusan Institut Pertanian Bogor tersebut tidak hanya menyediakan akses listrik. PLTMH yang dikembangkannya berbasis masyarakat, yang sebagian laba usahanya dikelola warga secara mandiri lewat koperasi. Para anggota koperasi bisa mendapat bantuan biaya sekolah, subsidi kesehatan, atau modal untuk usaha masyarakat desa.


Anak muda masuk desa

“Kita masih kekurangan manusia yang berkualitas yang mau tinggal di desa dan membangun desa itu dengan cara yang benar. Itu kuncinya di situ,” tutur Tri Mumpuni menanggapi generasi muda yang lebih memilih untuk merantau ke kota. Itulah sebabnya, bersama pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia mengembangkan program Patriot Desa untuk melatih generasi muda yang mau terjun membangun desa.


Dipuji Obama, dihargai Pangeran Charles

“Dan kita mempunyai sociopreneur seperti Tri Mumpuni, yang membantu warga pedesaan di Indonesia untuk menghasilkan listrik...,“ kata Presiden AS ke-44, Barack Obama dalam Presidential Summit on Enterpreneuership 2010. Tri Mumpuni kerap mendapat penghargaan, salah satunya Ashden Awards 2012. Pangeran Charles memimpin organiasi asal Inggris yang fokus untuk energi ramah lingkungan itu.


Komitmen seumur hidup

Meski sudah 30 tahun berkecimpung membangun desa, namun dari pengalamannya tak sedikit, desa yang dulu dikunjungi Tri Mumpuni masih saja belum banyak berubah. “Jadi saya merasa ya selama Allah masih ngasih sehat, ini ‘lifetime commitment', jadi komitmen seumur hidup. Saya pikir saya menikmati dan itu menjadi ‘passion’ saya,“ tuturnya kepada tim DW.
 
 

dw/zid

Tags: , ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *