Ini Perbandingan Vaksin Sinovac dengan Vaksin Pfizer dan Vaksin Lainnya

Ini Perbandingan Vaksin Sinovac dengan Vaksin Pfizer dan Vaksin Lainnya

Presiden Xi Jinping menawarkan ke berbagai negara pinjaman dana untuk membeli vaksin. Namun belum jelas seperti apa persyaratannya. Mungkin tergantung perundingan dan kesepakatan.



"Beijing jelas akan menggunakan alasan menyelamatkan jiwa untuk keuntungan komersial dan diplomatik," kata Jacob Mardell, analis dari MERICS, kepada ABC news.

Upaya memproduksi vaksin Covid-19 terus berlanjut di dunia, namun China telah mengambil langkah besar dengan dua calon - Sinovac and Sinopharm - yang telah dikirimkan ke sejumlah negara termasuk Indonesia.


Tetapi apa yang kita ketahui sejauh ini tentang vaksin-vaksin China ini dan bagaimana perbandingannya dengan vaksin lain?

Bagaimana cara kerja vaksin Sinovac?

Perusahaan farmasi China Sinovac mengembangkan CoronaVac yang merupakan vaksin yang dibuat dari virus nonaktif alias virus lumpuh

Sementara vaksin Moderna dan Pfizer yang dikembangkan di Barat adalah vaksin mRNA. Vaksin ini menggunakan kode genetik virus corona yang diinjeksikan ke tubuh, dan memicu badan memproduksi protein virus, yang diharapkan cukup untuk sistem kekebalan tubuh.

"Metode CoronaVac lebih tradisional dan berhasil digunakan dalam berbagai vaksin yang sudah terkenal seperti rabies," kata Profesor Luo Dahai dari Nanyang Technological University kepada BBC.

"Vaksin mRNA adalah jenis baru vaksin dan (saat ini) belum ada contoh keberhasilan [vaksin-vaksin itu yang digunakan pada penduduk]," tambah," Prof Luo.

Di atas kertas, salah satu kelebihan Sinovac adalah dapat disimpan di kulkas biasa dengan suhu antara 2 hingga 8 drajat Celsius, seperti vaksin Oxford, yang dibuat dari virus yang dimodifinasi secara genetika.

Vaksin Moderna harus disimpan pada suhu -20C dan vaksin Pfizer pada -70C.

Hal itu barangkali mengapa vaksin Sinovac dan Oxford-AstraZeneca dianggap cocok oleh negara-negara yang mungkin tidak memiliki fasilitas penyimpanan di suhu sangat rendah, seperti Indonesia?
 
 
 
Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *