Pompeo Ingatkan Joe Biden: Waspada Ancaman Partai Komunis China

Pompeo Ingatkan Joe Biden: Waspada Ancaman Partai Komunis China

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, mengingatkan bahwa kebijakan AS terhadap China di bawah pemerintahan Joe Biden harus tetap waspada pada Partai Komunis China sebagai ancaman terbesar.



"Partai Komunis China memiliki niat yang jelas untuk mewujudkan dominasi berdasarkan hegemoni," kata Pompeo sewaktu menanggapi pertanyaan yang diajukan setelah usai menyampaikan pidato yang disiapkan oleh Robert Reilly, direktur Voice of America, salah satu entitas di bawah payung USAGM. “Kami memiliki kewajiban dan tanggung jawab kepada rakyat Amerika, dan, terus terang, kepada orang-orang di seluruh dunia yang mencintai kebebasan, untuk memastikan bahwa itu bukanlah dunia di mana anak dan cucu kita tinggal.”

Pompeo berbicara mengenai perbedaan antara sistem AS dan China. Menurutnya, sistem AS berbasis pada aturan yang menghormati hak kepemilikan dan martabat manusia, sementara sistem China justru mengancam hal-hal itu.

“Saya kira kita memiliki konsensus mengenai hal itu. Saya telah bekerjasama dengan Partai Demokrat dalam banyak isu penting seperti Hong Kong, Uyghur di Xinjiang dan kekejaman yang terjadi di sana. Jadi saya berharap kebijakan AS akan tetap sama,” katanya.

Pompeo, yang pernah menjabat direktur Central Intelligence Agency (CIA) mengingatkan, "Tidak peduli apa yang mereka katakan, kita tidak boleh percaya begitu saja dan harus memverifikasinya," katanya.

Pompeo menggambarkan perilaku China yang sering mengingkari komitmen yang dibuatnya di panggung internasional. “Partai Komunis China membuat janji kepada rakyat Hong Kong dan mereka mengabaikannya. Partai Komunis China memiliki komitmen terkait Taiwan, tapi apa yang kemudian terjadi. Kami perlu meminta pertanggungjawaban semua pihak atas komitmen yang mereka buat. Partai Komunis China telah berjanji kepada Presiden Obama bahwa mereka tidak akan mempersenjatai pulau-pulau di Laut China Selatan namun kemudian mereka malah melakukannya.

 

 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *