China Ancam Perang dengan Taiwan, Pemerintahan Biden Nyatakan AS Membeking Taiwan

China Ancam Perang dengan Taiwan, Pemerintahan Biden Nyatakan AS Membeking Taiwan

China memandang Taiwan yang pemerintahannya dibentuk secara demokratis sebagai salah satu provinsinya, tapi Taiwan menempatkan diri sebagai negara demokrasi yang berdaulat.



China mengeluarkan pernyataan keras bahwa upaya Taiwan untuk mencari kemerdekaan dari Beijing "berarti perang".

Peringatan ini dikeluarkan beberapa hari setelah Beijing unjuk kekuatan militer melalui latihan pesawat tempur di dekat kawasan Taiwan.

"Kami secara serius memberitahu kepada pasukan kemerdekaan Taiwan: mereka yang bermain dengan api akan terbakar, dan kemerdekaan Taiwan berarti perang," kata Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian, dalam sebuah konferensi pers, Kamis (28/01).

AS merespons pada Kamis (28/01) malam.

Dalam sebuah pernyataan, Pentagon menegaskan Amerika Serikat berkomitmen untuk mendukung pertahanan Taiwan melawan China.

"Kami akan memenuhi kewajiban di bawah Undang Undang Hubungan Taiwan," kata sekretaris pers Pentagon, John Kirby, kepada wartawan.

 
Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price memperingatkan China mengenai ancamannya terhadap Taiwan, setelah Beijing berulang kali mengirim lebih dari selusin pesawat tempur dan bomber melintasi zona pertahanan udara Taiwan.

“Kami akan membela teman-teman dan sekutu-sekutu untuk memajukan keamanan kemakmuran bersama dan nilai-nilai kami di kawasan Indo-Pasifik – dan ini mencakup diperdalamnya hubungan kami dengan partai Demokrat Taiwan,” kata Price dalam suatu pernyataan. “Komitmen kami terhadap Taiwan sangat kokoh.”

China dan Taiwan punya pemerintahan terpisah sejak berakhirnya perang sipil pada 1949. Beijing sudah lama berupaya membatasi aktivitas internasional Taiwan, dan keduanya berusaha untuk memperoleh pengaruh dari wilayah Pasifik.

Ketegangan hubungan keduanya meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan Beijing tak segan menggunakan kekuatannya untuk mengambil Taiwan kembali.

Meskipun Taiwan secara resmi hanya diakui oleh segelintir negara, akan tetapi pemerintahan yang terbentuk dari sistem demokrasi ini memiliki hubungan komersial dan informal yang kuat dengan banyak negara.

Dalam Undang Undang Hubungan Taiwan, AS berkewajiban memasok senjata pertahanan ke Taiwan, dan merespon setiap serangan kepada Taiwan akan dianggap sebagai "urusan genting" bagi AS.
Tags:

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *