Ogah Dijepit Strategi Biden, Kini China Bertaktik Membujuk AS

Ogah Dijepit Strategi Biden, Kini China Bertaktik Membujuk AS

Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi (22/02) meminta AS segera mencabut pembatasan perdagangan dan berhenti mencampuri urusan Beijing di wilayah Taiwan, Hong Kong, Xinjiang, dan Tibet.



"Kami tahu bahwa pemerintahan AS yang baru sedang meninjau kembali kebijakan luar negerinya, kami berharap para pembuat kebijakan AS akan mengikuti perkembangan zaman, melihat dengan jelas tren dunia, mengabaikan bias, melepaskan kecurigaan yang tidak beralasan dan bergerak untuk membawa kembali kebijakan yang memastikan hubungan Cina-AS berkembang stabil dan sehat," kata Wang kepada para diplomat, cendekiawan, dan jurnalis di Lanting Forum.

Wang mengatakan Cina "tidak berniat untuk menantang atau menggantikan Amerika Serikat" dan siap untuk hidup berdampingan secara damai dan melakukan pembangunan bersama.

Wang meminta AS untuk "berhenti mencoreng" Partai Komunis Cina yang berkuasa dan "berhenti mendukung kemerdekaan Taiwan dan berhenti mencampuri kedaulatan dan keamanan Cina pada urusan internal Hong Kong, Xinjiang dan Tibet."

Di bidang perdagangan, Wang mengatakan Cina akan membela hak-hak perusahaan AS sambil berharap AS akan "menyesuaikan kebijakannya secepat mungkin dengan menghapus tarif yang tidak wajar atas barang-barang Cina, mencabut sanksi sepihak terhadap perusahaan Cina, lembaga penelitian dan pendidikan, dan meninggalkan penindasan irasional terhadap kemajuan teknologi Cina."

"Saya berharap kedua belah pihak akan bekerja sama untuk mengarahkan kapal raksasa Cina-AS menuju masa depan yang cerah, akan prospek yang tak terbatas," kata Wang.

Namun, meskipun Presiden AS Joe Biden telah menjanjikan sejumlah upaya perbaikan hubungan diplomatik, namun tidak diketahui jelas apakah dia akan membuat perubahan mendasar terkait kebijakan Washington terhadap Beijing.

 
Joe Biden berurusan dengan komunis China dengan cara yang "jauh lebih tradisional dan telak," kata mantan duta besar AS untuk China, Max Baucus kepada "Squawk Box Asia" CNBC.
 
Ada kesepakatan partai Republik dan partai Demokrat untuk bersikap keras terhadap China. Perbedaan Trump dan Biden adalah tentang strategi dan taktik. Biden bekerjasama dengan para sekutu AS menjepit China. Berbeda dengan Trump yang membuat keputusan secara sepihak.
 
 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *