Kini Era Kapal Selam Tanpa Awak Super Canggih

Kini Era Kapal Selam Tanpa Awak yang Super Canggih

Kapal selam tanpa awak yang pintar dan relatif murah yang dapat menjelajahi lautan dunia untuk melakukan berbagai misi, termasuk serangan bunuh diri terhadap kapal musuh.



Kapal selam tanpa awak ini dapat melakukan berbagai fungsi dari pengintaian hingga penelusuran sumber daya alam bawah laut bahkan serangan bunuh diri terhadap kapal musuh.

"Kapal selam robot Cina ditujukan terutama untuk pasukan Amerika Serikat di perairan strategis seperti Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik barat," kata para peneliti, seperti dilansir The Star.

Proyek ini merupakan bagian dari rencana ambisius pemerintah Cina untuk meningkatkan kekuatan angkatan laut negara itu dengan teknologi AI. Cina telah membangun fasilitas pengujian terbesar di dunia untuk kapal drone di Zhuhai, provinsi Guangdong.

Peneliti militer Cina juga mengembangkan sistem pendukung bantuan AI. Sistem itu akan membuat penilaian yang lebih cepat dan lebih akurat dalam situasi pertempuran yang sengit.



Kapal selam tak berawak Cina sebagai tandingan terhadap senjata serupa yang sedang dalam pengembangan intensif di Amerika Serikat.

Militer Amerika Serikat membuat dua prototipe XLUUVs. Angkatan Laut AS akan memilih satu prototipe untuk memproduksi sembilan kendaraan bekerja sama dengan Lockheed Martin.

Juga, lembaga penelitian Pentagon, DARPA, mengembangkan kapal otomatis penuh yang disebut sebagai proyek No Manning Required, Ship (NOMARS).

“Program NOMARS berupaya mendesain sebuah kapal yang dapat beroperasi secara otonom untuk jangka waktu lama di laut,” demikian pernyataan tertulis DARPA.

Kapal tanpa tempat awak bisa mengangkut lebih banyak senjata, sensor, dan sistem lain dalam ukuran lambung tertentu daripada kapal berawak.

 

NATIONAL INTEREST | DARPA

tempo, zamane

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *