fbpx
Seperti Siasat Adolf Hitler: 'Beruntunglah Penguasa Ketika Rakyat Sudah Tidak Bisa Berpikir'

Seperti Siasat Adolf Hitler: 'Beruntunglah Penguasa Ketika Rakyat Sudah Tidak Bisa Berpikir'

Robert Proctor, seorang sejarawan sains dari Universitas Stanford, mengatakan “Ketika kita hidup di dunia dengan kebodohan yang radikal, kebenaran dalam wujud apapun lewat begitu saja di tengah kebisingan kebodohan. Sehingga meskipun pengetahuan ‘dapat diakses’, tetapi banyak terabaikan ‘diakses’,” kata Proctor.



Melalui pengamatannya, Proctor mengatakan pengetahuan khalayak masa kini, khususnya untuk pertanyaan politik, publik mendapatkannya dari keyakinan atau tradisi atau propaganda.

Proctor menemukan bahwa kebodohan dan ketidaktahuan menyebar ketika banyak orang tidak bisa membedakan opini atau fakta. Selanjutnya, manakala penguasa politik mengupah preman akademis dan preman politik, lembaga survei dan peternak buzzer bekerja keras menciptakan kebingungan publik.

 

Seperti siasat Adolf Hitler: "Beruntunglah penguasa ketika rakyat sudah tidak bisa berpikir"


 

Akademisi lain yang mempelajari kebodohan dan ketidaktahuan ialah David Dunning dari Universitas Cornell. Dunning memperingatkan bahwa internet membantu mengobarkan kebodohan dan ketidaktahuan. Di dunia maya yang sebetulnya semua orang punya peluang menjadi ahli secara otodidak, tapi malah mereka menjadi sasaran kepentingan kuat yang ingin menyebarkan kebodohan dan ketidaktahuan massal.

“Walau ada sejumlah orang mendapat keuntungan dengan informasi-informasi yang tinggal diklik, banyak lainnya yang dituntun ke arah keahlian yang salah. Kekhawatiran saya adalah kita kehilangan kemampuan menentukan sikap sendiri,” kata Dunning.

Baik Dunning maupun Proctor esensinya menyiratkan: bahwa penyebaran kebodohan dan ketidaktahuan secara sengaja gencar dilakukan pemimpin yang tidak cerdas tetapi bakat liciknya luar biasa.

 

Targetnya: kebodohan, ketidaktahuan, dan kebohongan penguasa menjadi sesuatu yang lumrah, bukan aib atau dosa.

 

 
BBC, Stanford, Zid

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *