fbpx
Covid Belum Berakhir, Ilmuwan Sudah Memperingatkan: Ada Virus Baru yang Mengintai

Covid Belum Berakhir, Ilmuwan Sudah Memperingatkan Ada Virus Baru yang Mengintai

Menurut Victoria Brookes, dosen senior masalah kesehatan penduduk di Charles Sturt University, Australia, di masa lalu satu penyakit muncul di salah satu bagian dunia, namun kemudian selesai sebelum menyebar ke negara lain.



"Sekarang adanya perdagangan global dan perjalanan global membuat penyakit bisa membuat manusia membawanya menyebar dengan cepat," katanya.

Globalisasi juga menyebabkan perubahan besar terkait kondisi penyakit menular, khususnya penyakit yang berasal dari kehidupan alam liar.


 

Dengan peningkatan jumlah penduduk, kota semakin diperluas ke kawasan alam liar, sehingga menggangu pola kehidupan.

Dengan ekosistem hancur akibat kerusakan hutan dan menurunnya kualitas lingkungan, sehingga terjadi "loncatan antar spesies" yang berdampak kepada manusia.

Ancaman penyakit X dan penyebabnya

Diperkirakan lebih dari 60 persen munculnya penyakit menular berasal dari binatang, yang disebut zoonoses.

Itulah sebabnya para peneliti lebih khusus memperhatikan kontak manusia dengan kehidupan liar.

"Populasi dari yang kita perkirakan akan muncul adalah spesies yang tinggal di koloni yang besar, yang melakukan perjalanan jarak jauh." kata Dr Brookes.

"Mereka bercampur dengan populasi dari spesies yang sama, dan juga karena mereka terbang, mereka bisa mengadakan kontak dengan banyak spesies lain, termasuk juga dengan manusia."

Zoonoses disebabkan karena adanya transmisi patogen seperti virus, parasit, bakteria, atau jamur yang disebabkan karena kontak langsung ataupun kontak tidak langsung antara binatang dan manusia.

Diperkirakan sekarang ini ada lebih dari 250 virus yang menyebar dari hewan ke manusia dan menyebabkan penyakit pada manusia.

Berbagai virus sudah menimbulkan kekhawatiran, tapi sejauh ini belum diidentifikasi virus mana yang sama-sama mengancam seperti virus corona atau bahkan lebih mengancam peradaban manusia, menurut sebuah penelitian.

WHO sendiri sudah memberikan nama untuk penyakit tersebut, yaitu Penyakit X, dan memasukkan ke dalam kategori penting untuk diteliti sejajar dengan Ebola dan SARS.

Kita belum mengetahui apa jenisnya dan kemungkinan dampaknya.

Namun para peneliti mengatakan tanpa adanya pemantauan yang seksama dan juga persiapan, maka bumi ini akan mengalami bencana dengan kehadiran penyakit X.

 

 

ABC News

Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *