fbpx
Begini Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 di Indonesia

Memang, sejauh ini belum ada obat khusus untuk mengobati pasien Covid-19. Tapi salah satu metode pengobatan yang cukup efektif adalah dengan terapi dari donor darah plasma konvalesen. 

 
Apakah donor darah plasma konvalesen? Bisakah setiap penyintas Covid-19 menjadi peserta donor darah plasma konvalesen?

Menurut Dr. Monica, Sp.An., KIC., M.SI., MM., MARS., terapi plasma konvalesen (TPK) merupakan salah satu modalitas terapi dengan memindahkan plasma penyintas COVID-19 yang mengandung antibodi spesifik terhadap SARS-CoV-2 ke pasien COVID-19 yang masih menderita penyakit tersebut.

Dia menyebut ada banyak sekali penelitian dengan hasil yang berbeda mengenai TPK, ada yang memberikan hasil mendukung dan sebaliknya. Tetapi sebenarnya, keberhasilan TPK tergantung dari beberapa faktor utama yaitu dosis, kadar antibodi dan waktu pemberian.

“Oleh sebab itu pemberian sedini mungkin terutama pada pasien dengan komorbid dapat memberikan hasil yang lebih baik,” jelas Dr. Monica.
 
 
Permintaan plasma konvalesen melonjak, seiring naiknya kasus COVID-19 di Indonesia. 
 
Plasma dari penyintas COVID-19 ini dianggap menjadi salah satu cara untuk menolong pasien yang terinfeksi corona. 
 
Dokter Uke Muktimanah mengalami sendiri bagaimana warga berebut asa untuk mendapatkan konvalesen. 
 
Karena tidak sengaja nomor teleponnya tersebar, kepala unit transfusi darah PMI Kota Bandung itu menerima telepon hampir setiap 5 menit sekali dari keluarga pasien COVID-19. 
 
Namun, PMI juga kesulitan untuk memenuhi permintaan dengan cepat. Inisiatif dari para pendonor plasma konvalesen menjadi tumpuan harapan. Lihat videonya:
 
dw, kontan, zamane
 
Tags: ,

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *