fbpx
Pentingnya Menemukan Fakta Sesungguhnya Sumber Covid-19 Untuk Menemukan Cara Tepat 'Menumpasnya' dan Mencegah Terjadi Lagi

Pentingnya Menemukan Fakta Sesungguhnya Sumber Covid-19 Untuk Menemukan Cara Tepat 'Menumpasnya' dan Mencegah Terjadi Lagi

Atas desakan banyak negara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah meminta China untuk transparan dalam penyelidikan lanjutan asal-usul Covid-19. Sebagai pertanggung jawaban penuh terhadap jutaan orang di dunia yang menderita dan meninggal.

 

Kini WHO menyebut tidak tertutup kemungkinan Virus Corona berasal dari Laboratorium China di Wuhan. Menemukan fakta sesungguhnya asal-usul Covid-19 sangat penting, supaya menemukan cara tepat 'menumpasnya' dan mencegahnya kembali terjadi.


Sejak beberapa bulan terakhir, WHO menghadapi tekanan berganda untuk melakukan investigasi yang lebih dalam terhadap asal-usul wabah corona.

Dikutip dari Deutsche Welle, dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss, Direktur WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya kebocoran laboratorium yang memicu wabah corona di Wuhan pada 2019.

Pernyataan Tedros kini bergeser dari sikap WHO yang selama ini cenderung menghindari konfrontasi dengan Beijing. Dia mendesak agar China bersikap lebih kooperatif dalam penyelidikan lanjutan yang akan dilakukan WHO.

Menurut Tedros, tantangan terbesar dalam fase pertama investigasi adalah "akses terhadap data mentah. Data mentahnya tidak dibagikan,” kata dia.

"Sekarang kami sudah mendesain studi fase kedua dan kami meminta China untuk bersikap lebih transparan, terbuka dan kooperatif, terutama menyangkut data mentah seperti yang kami minta di masa awal pandemi, ujar Tedros.

Tedros mengatakan data mentah bisa membantu menjelaskan bagaimana virus berkembang dan menyebar, dan mencegahnya kembali terjadi. Ia juga mengatakan dunia berutang kepada para korban pandemi.

“Saya kira kita berutang kepada jutaan orang yang menderita dan meninggal untuk benar-benar memahami apa yang terjadi,” katanya.

Pimpinan WHO itu mengatakan badan tersebut dan negara-negara anggotanya terus mendesak China untuk mendapatkan jawaban.

WHO telah mengirim delegasi internasional ke China awal tahun ini dalam misi empat minggu untuk menentukan asal usul virus corona. Laporan mereka menyimpulkan bahwa patogen berasal dari satu hewan dan menular pada manusia. Tetapi banyak pihak, termasuk Presiden AS Joe Biden, merasa penyelidikan itu “tidak cukup dan tidak meyakinkan.” 

 

Dua bulan yang lalu, Presiden Joe Biden telah mengerahkan badan-badan intelijen AS untuk menginvestigasi sumber awal kemunculan Covid-19. Biden memerintahkan intelijen AS untuk "melipatgandakan upaya mereka" dan melaporkan hasil investigasi dalam 90 hari.

 

Belum lama ini, Donald Trump menyombongkan diri pada rapat umum di Ohio mengatakan dia telah terbukti benar soal 'Virus China'.

Trump mengatakan yakin bahwa virus corona adalah "hasil rekayasa di sebuah laboratorium di Wuhan, China".

"Saya dulu mengatakan ini berasal dari Wuhan - ini berasal dari laboratorium," kata Trump, seperti dikutip dari BBC News.

Trump mengatakan ketika itu "orang-orang tak percaya dengan omongannya soal Virus China".

Tapi "Sekarang mereka mengatakan: Kemungkinan besar ini berasal dari laboratorium Wuhan."

Para pendukung Trump bersorak sorai berteriak setuju.

 

 

 
Tags: ,

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *