fbpx
Persekutuan Politik Presiden Mesir dan PM Israel di Tengah Derita Palestina

Persekutuan Politik Presiden Mesir dan PM Israel di Tengah Derita Palestina

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi untuk pembicaraan tentang konflik Israel-Palestina dan hubungan bilateral.



Bennett, yang juga ketua partai sayap kanan Yamina, bertemu dengan presiden Mesir pada Senin di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh di ujung selatan semenanjung Sinai.

Presiden el-Sisi menyebut upaya Mesir untuk menjaga ketenangan di wilayah Palestina yang diduduki Israel dan pentingnya dukungan internasional untuk upaya membangun kembali di sana, menurut pernyataan kantor kepresidenan Mesir.

El-Sisi juga "menegaskan dukungan Mesir untuk semua upaya untuk mencapai perdamaian komprehensif di Timur Tengah, menurut solusi dua negara", kata pernyataan itu

Bennett mengatakan pembicaraan itu mencakup diplomasi, keamanan, dan ekonomi. “Kami menciptakan fondasi untuk koneksi yang mendalam ke depan,” katanya sebelum terbang pulang.


Harry Fawcett dari Al Jazeera mengatakan pertemuan itu adalah "pertunjukan politik bahwa hubungan mereka hidup dan menendang".

"Jelas ada upaya nyata di sini untuk menunjukkan bahwa mereka membangun dan memperkuat hubungan," katanya, berbicara dari Yerusalem Barat.

“Itu karena mereka ingin menunjukkan kepada Amerika kekhawatiran mereka secara potensial tentang perubahan kebijakan luar negeri terhadap Mesir dari pemerintahan Biden. Mesir adalah penerima bantuan militer AS terbesar kedua di dunia. Bersikap bersahabat dengan penerima bantuan militer terbesar [Israel] dengan cara ini.”

Pembicaraan itu berlangsung di tengah situasi tegang di Jalur Gaza yang terkepung.

Israel, dengan bantuan Mesir, telah melakukan blokade ketat atas Gaza sejak kelompok Hamas Palestina mulai memerintah wilayah itu.
 
Ada empat perang atau serangan di Gaza oleh Israel, terakhir pada bulan Mei.

Pada tahun 1979, Mesir menjadi negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel. 

Undangan Kairo kepada perdana menteri Israel dikeluarkan oleh Abbas Kamel, direktur Direktorat Intelijen Umum Mesir, bulan lalu ketika ia bertemu dengan Bennett di Yerusalem Timur yang diduduki.

Sejak el-Sisi dilantik sebagai presiden pada awal 2014 – setelah dia mengumumkan penggulingan Presiden terpilih Mohamed Morsi (yang anti-Israel) – media Israel telah melaporkan bahwa Netanyahu diam-diam bertemu dengan el-Sisi beberapa kali.

Pembicaraan damai antara Israel dan Palestina gagal pada tahun 2014 dan tampaknya hanya ada sedikit prospek untuk menghidupkannya kembali. Bennett, seorang nasionalis Yahudi di atas koalisi lintas-partisan penentang terbentuknya negara Palestina.
 

Al Jazeera

Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *