KOLOM

Mari Jihad Ekonomi Mengatasi Kemiskinan dan Keterbelakangan

Sumanto al Qurtuby
 

Kita tahu di antara misi Nabi Muhammad adalah untuk menyelamatkan rakyat kecil yang tertindas oleh gempuran sistem sosial-politik-ekonomi yang diskriminatif kala itu. Pada zaman itu, sumber-sumber ekonomi hanya dikuasai oleh segelintir kapitalis yang mempunyai modal kuat, sementara rakyat banyak tetap hidup dalam penderitaan.

Mengapa Banyak Orang Tetap Bodoh Walau Membaca Buku

Opini Nadya Karima 

Buku adalah jendela dunia. Salah seorang selebgram yang saya kenal menyatakan mau melakukan give away buku sebagai perayaan penambahan jumlah followers di Instagramnya. Mengapa buku? Karena buku dianggap mampu membuat seseorang berpikiran terbuka, katanya. Seorang selebgram juga, menampilkan berbagai pose dirinya sedang membaca berbagai buku dalam album Instagramnya, tentu saja disertai dengan caption yang menandakan bahwa dirinya, sebagai orang yang membaca buku lebih berkualitas daripada yang tidak membaca.

Islam Gincu versus Islam Garam Bung Hatta

Muhammad Qorib - Ph.D from The Department of Islamic Studies at The Islamic State University Syarif Hidayatullah, Jakarta.

 

Istilah Islam gincu versus Islam garam pertama sekali diperkenalkan Bung Hatta. Saat itu terjadi penolakan terhadap pemikirannya yang dilakukan oleh kelompok muda Muslim. Mereka menganggap Hatta semakin sekuler karena melakukan pembiaran terhadap Islam dan tidak ada ikhtiar serius untuk memformalisasikan ajaran Islam. 

Tags: ,

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *